MENDIKBUD YAKIN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013

Bandung, 7 Jumadil Ula 1434/19 Maret 2013 (MINA) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan, yakin penerapan kurikulum 2013 dilaksanakan sesuai jadwal, yaitu pada tahun pelajaran 2013/2014 mendatang.

“Kurikulum 2013 ini akan tetap kita laksanakan pada tahun ajaran 2013 – 2014, mulai Juli mendatang, sekarang masih ada waktu untuk melengkapi kekurangan,” kata Nuh, dalam acara sosialisasi Kurikulum 2013 di Aula Dinas Pendidikan Jawa Barat di Bandung, Sabtu (16/3) kemarin, demikian laporan yang diterima Miraj News Agency (MINA).

Sementara itu, persiapan paling mendasar adalah buku, karena buku ini  dipakai dalam pelatihan guru dan sekaligus dipakai anak-anak bulan Juli nanti, ujar Nuh.

Menurutnya, ia berharap pensiapan alat tulis seperti buku tersebut dapat selesai dalam waktu dekat ini, sesuai jadwal yang ditetapkan.

Menanggapi kasus-kasus yang terjadi beberapa tahun terakhir isi buku pelajaran tidak sesuai dengan norma kesusilaan, ia menegaskan bahwa hal itu terdapat pada Lembar Kerja Siswa (LKS).

Oleh karena itu dalam kurikulum 2013, buku-buku pelajaran tersebut akan sungguh-sungguh dikendalikan oleh Pemerintah.

“Jadi akan dikendalikan betul, kita tidak ingin ada kesalahan pada buku-buku yang ada,” ujar mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) tersebut.

Untuk memastikan dari segi konten dan metodenya agar tidak ada masalah, buku-buku pelajaran tersebut dipastikan akan ditulis oleh lebih dari satu orang. Nantinya ada pengawas internal dan pengawas independen, kata Nuh.

Mendikbud Nuh berharap kasus-kasus isi buku yang kurang sesuai dengan norma susila ataupun kesalahan substansi tidak terjadi lagi di masa mendatang. (T/P012/R1/E1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply