MENLU INGGRIS DUKUNG PERANCIS DALAM KONFLIK MALI

Mali, 23 Rabiul Akhir 1434/5 Maret 2013 (MINA) – Menteri Luar Negeri Inggris William Den Haag Senen telah tiba Mali sebagai menteri pertama Inggris yang mengunjungi Mali dalam upaya pemerintahnya membantu perang Perancis di negeri Afrika Barat itu.

Den Haag mengunjungi ibukota Mali, Bamako pada Senin untuk mengadakan diskusi dengan komandan militer dan politisi lokal, setelah Perancis melancarkan serangan militer di Negara Afrika pada minggu lalu. Menurut laporan Press TV seperti dipantau Mi’raj News Agency (MINA).

Inggris telah menyumbangkan lebih dari 300 personil militer, dua pesawat transport  C-17 dan pesawat Sentinel surveilans untuk operasi agresif Perancis di Mali.  Den Haag mengatakan bahwa Mali adalah jantung dari berbagai tantangan politik, keamanan dan pembangunan kompleks yang memiliki potensi untuk mempengaruhi kawasan yang lebih luas.

Perancis meluncurkan serangannya pada 11 Januari dengan dalih untuk menghentikan kemajuan para pejuang di Negara Afrika.

Perang yang dipimpin Perancis  di Mali telah menyebabkan krisis kemanusiaan yang serius di daerah utara Negara itu dan ribuan orang mengungsi.  Beberapa analis percaya bahwa sumber daya alam yang melimpah di Negara itu merupakan pemicu terjadinya konflik antara Perancis dan Afrika. (T/P013/R5).  

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply