MURSI KUNJUNGI PAKISTAN DAN INDIA

Foto: ReutersIslamabad, 6 Jumadil Awal 1434/17 Maret 2013 (MINA) – Presiden Mesir Muhamad Mursi akan mengunjungi Pakistan pekan ini untuk kunjungan kenegaraan satu hari, kata Kementerian Luar Negeri Pakistan pada  Sabtu (16/3).

Mursi akan berada di Negara itu pada Senin (18/3) atas undangan Presiden Asif Ali Zardari dan akan membawa bersamanya “delegasi berpengaruh”, menurut seorang juru bicara kementerian sebagaimana dikutip Ahram dan dipantau Mi’raj News Agency (MINA).

“Kunjungan ini seperti aliran sungai dan tenggara dalam hubungan tradisional dan persahabatan antara kedua negara besar Muslim dan penting itu,” kata juru bicara kementrian dengan menambahkan Mursi ditetapkan sebagai  pemimpin “sipil, demokratis dan dipilih secara bebas pertama” Mesir yang mengunjungi Pakistan.

Morsi diperkirakan akan mengadakan pertemuan tertutup dengan Zardari dan menandatangani sejumlah kesepakatan bersama.

Pasangan ini akan “melakukan diskusi ekstensif pada semua bidang hubungan bilateral, termasuk isu-isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama”, kata juru bicara itu, tanpa menentukan apa perjanjian yang dimaksud.

“Keputusan Presiden Mursi memilih Pakistan sebagai negara Asia pertama Selatan untuk kunjungan bilateral memanifestasikan keinginan Mesir menambah bab baru hubungan bilateral dengan Pakistan,” tambahnya.

Presiden Mesir terakhir yang  melakukan kunjungan bilateral ke Pakistan adalah Gamal Abdel Nasser akhir 1960-an.

Menurut laporan Daily News Egypt, Mursi kemudian dijadwalkan melakukan perjalanan ke Delhi di kemudian hari dan bertemu dengan Presiden India Pranab Mukherjee, Perdana Menteri Manmohan Singh, Menteri Luar Negeri Salman Khurshid, dan anggota parlemen senior pemerintah India.

Kementerian Luar Negeri India menyatakan pihaknya mengharapkan Mursi  datang bersama dengan sekitar 15 dan 20 pengusaha berkualitas Mesir saat mengunjungi India nanti.

Kementerian India melihat peningkatan perdagangan antara kedua negara sebagai bukti, meskipun baru-baru ini ketidakstabilan politik Mesir, kedua belah pihak mengambil minat dalam hubungan ekonomi yang lebih baik.

Kementerian Luar Negeri India juga mengatakan pihaknya mengharapkan Mursi membawa setidaknya empat menteri Mesir  dalam kunjungannya termasuk kepala Departemen Luar Negeri, Departemen Komunikasi dan Informatika, Departemen Perdagangan dan Komersial, serta Departemen Investasi. (T/P03/R2).        

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Rate this article!

Leave a Reply