MURSI TIBA DI INDIA, BAHAS SURIAH DAN PALESTINA

Foto: AFPKairo, 8 Jumadil Awal 1434/20 Maret 2013 (MINA) – Presiden Mesir Mursi tiba di India untuk kunjungan dua harinya, Mursi bertemu dengan pemimpin-pemimpin India membahas kerjasama bilateral juga perkembangan Suriah dan Palestina.

Setelah berangkat dari Pakistan, Mursi mendarat di Bandara Internasional Delhi pada Selasa dini hari (19/3). Mursi bersama tujuh menteri berpengaruh lainnya diterima Presiden India Pranab Mukherjee dan Perdana Menteri India Manmohan Singh, sebagaimana laporan News Daily Egypt yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA).

Selama pembicaraan dengan Perdana Menteri India, Mursi membahas perkembangan terakhir di Palestina dan Suriah. Dia berbicara tentang pentingnya mendukung “hak-hak sah rakyat Palestina untuk membentuk negara merdeka mereka,” menurut pernyataan kepresidenan.

Pada November 2012, Mesir menjadi mediator kesepakatan gencatan senjata antara Hamas dan Israel. India memuji Mesir dalam upayanya mempersatukan  faksi-faksi Palestina.

Para pemimpin Negara itu juga membahas pertumpahan darah di Suriah. Mursi meminta India berkontribusi menyelesaikan konflik politik yang sedang berlangsung dan mengakhiri kekerasan di sana.

Selama turnya ke Pakistan, Mursi juga meminta Presiden Pakistan Asif Ali Zardari untuk membantu mengakhiri konflik di Suriah yang telah membuat lebih dari 70.000 orang meninggal. Mesir mendukung revolusi Suriah dan berharap rezim Bashar Al-Assad segera berakhir.

Menurut media lokal Mesir tersebut, pertemuan antara Mursi dan Singh berakhir dengan penandatanganan lima memorandum kesepemahaman dalam bidang teknologi informasi, dukungan dan pengembangan proyek-proyek mikro di Mesir, peningkatan warisan budaya dan pendirian pusat khusus pertama teknologi informasi di Universitas Al-Azhar. Mereka juga menandatangani dua nota kesepakatan: pertama, peluncuran satelit, dan  kedua adalah sebuah proyek  pengembangan energi surya di salah satu desa Mesir, Qoriyshat, Marsa Matruh.

Dalam konferensi pers setelah pembicaraan itu, Mursi menekankan pentingnya meningkatkan perdagangan bilateral antara Mesir dan India. Ia menyerukan menggandakan jumlah perdagangan antara negara-negara, meminta investor India meningkatkan investasi mereka di Mesir, khususnya di Terusan Suez. Dia mengundang investor bergabung pada proyek koridor 190km di kanal itu yang bertujuan untuk menghubungkan Afrika dan Asia.(T/P03/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply