OBAMA BAHAS ISU-ISU TIMUR TENGAH DI ISRAEL

        Washington, 5 Jumadil Awal 1434/16 Maret 2013 (MINA) – Presiden Barack Obama selama kunjungannya ke Israel akan membahas tentang senjata nuklir Iran, situasi di Suriah dan mencari solusi untuk memajukan perdamaian Israel-Palestina, kata pejabat Gedung Putih pada Kamis malam (14/03).

        Dalam briefing kunjungan Obama ke Israel, Tepi Barat dan Yordania, Ben Rhodes wakil penasehat keamanan nasional untuk komunikasi strategis  mencatat bahwa Amerika Serikat  bekerja sama sangat erat dengan Israel mengenai keamanan, intelijen dan isu-isu ekonomi dan akan ada banyak agenda  untuk dibahas selama Presiden berada di Israel.

       Rhodes mengatakan kunjungan Presiden Obama ini sangat penting untuk memperkuat dukungan AS terhadap Otoritas Palestina.  “Kami sangat mendukung upaya di Tepi Barat untuk mengembangkan lembaga-lembaga Palestina dan memperluas kesempatan Palestina ketika memajukan proses perdamaian,” tambahnya, demikian menurut laporan Kuwait News Agency (KUNA) seperti dipantau Mi’raj news Agnecy (MINA).

       Pembicaraan Obama dengan Raja Abdullah di Yordania untuk “mengatasi krisis kemanusiaan yang sangat serius di Suriah, termasuk masalah pengungsi Suriah yang signifikan di Jordan. Dan Amerika Serikat memberikan bantuan substansial ke Yordania untuk membantu meredakan krisis pengungsi ini”.

       Presiden dijadwalkan tiba di Israel pada Rabu (20/3) mendatang, dan akan melakukan perjalanan ke Ramallah pada Kamis, dimana ia akan mengadakan pertemuan bilateral  dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas.

       “Ini adalah kesempatan  untuk mendiskusikan dukungan kami untuk Otoritas Palestina, serta untuk membahas cara-cara memajukan perdamaian Israel-Palestina ke depan,” kata Rhodes.

       Presiden juga akan bergabung dengan Perdana Menteri Otoritas Palestina Salam Fayyad di Youth Center Al-Bireh di Ramallah.  (T/P013/E1)

 Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply