OBAMA: TAK AKAN ADA INISIATIF PERDAMAIAN

Washington, 27 Rabiul Akhir 1434/9 March 2013 (MINA) – Presiden AS Barack Obama mengisyaratkan tidak akan ada inisiatif perdamaian di atas meja ketika ia tiba di Israel akhir bulan ini untuk kunjungan pertamanya sebagai pemimpin AS.

Obama bertemu pemimpin komunitas Yahudi Amerika di Gedung Putih saat ia mempersiapkan perjalanan ke Israel, dan mengatakan kepada tamunya bahwa ia tidak bertujuan untuk menyelesaikan masalah kebijakan tertentu di Israel, kata seorang pejabat AS.

Seperti yang dilansir oleh Al Arabiya yang dipantau oleh MINA, Gedung Putih sebelumnya telah mengambil langkah-langkah untuk meredam rumor bahwa Obama akan menggunakan kunjungan ke Israel sebagai upaya AS untuk menjalin kembali perdamaian antara Israel dan Palestina, menyusul inisiatif sebelumnya yang gagal pada masa jabatan pertamanya.

Namun demikian Obama mengatakan dalam pertemuan itu bahwa ia akan merangkum “kerangka kerja” yang bisa berkembang menjadi upaya AS yang lebih konkrit pada tahun yang akan datang.

Para pejabat AS telah menata perjalanan sebagai upaya untuk berhubungan kembali dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mengkoordinasikan isu-isu kunci seperti Iran dan Suriah.

Obama merangkul tokoh dalam komunitas Yahudi untuk membantu mengurangi ketegangan dari sisa mengikuti kampanye pemilu 2012. Partai Republik telah menuduh Presiden Demokrat tidak mendukung Israel, sekutu terdekat Washington di Timur Tengah.

“Presiden menegaskan kembali dukungan tak tergoyahkan Amerika untuk Israel dan berterima kasih kepada para pemimpin untuk peran yang mereka mainkan dalam memperkuat hubungan antara kedua negara,” kata pejabat AS.

“Presiden mengatakan bahwa perjalanan tidak didedikasikan untuk menyelesaikan masalah kebijakan yang spesifik, tetapi lebih merupakan kesempatan untuk berkonsultasi dengan pemerintah Israel mengenai berbagai masalah – termasuk Iran, Suriah, situasi di wilayah tersebut, dan proses perdamaian . “

Obama mengatakan kepada para pemimpin bahwa ia ingin berbicara langsung kepada orang-orang Israel, dan dalam pidato utama di Jerusalem ia akan mendorong mereka untuk bekerja bagi perdamaian dengan Palestina.(T/P05/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply