OTORITAS PALESTINA MENOLAK KUNJUNGAN PEMUKIM BETHLEHEM

Betlehem, 17 Jumadil Awal 1434/29 Maret 2013 (MINA) – Otoritas Palestina mengatakan menolak rencana Israel untuk membawa sekelompok pemukim ke situs bersejarah Pools Solomon dekat Bethlehem di Tepi Barat yang mereka duduki.

Pada Kamis wakil gubernur Betlehem, Mohammad Taha, mengatakan kepada Ma’an yang dipantau MINA, bahwa keputusan itu merupakan pelanggaran nyata dari kesepakatan Oslo dimana bidang pengawasan di wilayah-wilayah pendudukan. Pools berada di area  17 persen di bawah kendali penuh dari negara Palestina dari Tepi Barat.

Taha mengatakan Negara Palestina akan bertindak untuk mencegah pemukim masuk ke daerah itu. Dia bertemu dengan komandan keamanan Betlehem Kamis, membahas masalah tersebut.

Pejabat itu meminta Palestina untuk menolak kunjungan. Kunjungan, dijadwalkan pada Minggu dan itu harus disertai oleh tentara Israel, menurut media Israelmengatakan. Kelompok merencanakan perjalanan ini dari sebuah sekolah di blok pemukiman Gush Etzion ilegal.

“Berkat kerja sama dengan tentara, kita akan kembali ke tanah leluhur yang diberikan kepada Palestina setelah perjanjian Oslo,” kata kepala sekolah Yaron Rosenthal. Israel jarang menyetujui kunjungan pemukim ke Pools sejak 1995, ketika Otoritas Palestina mengambil alih daerah.(T/P08/R2).

 Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply