PASUKAN AS SETUJU TARIK MUNDUR DARI WARDAK AGHANISTAN

Afghanistan, 9 Jumadil Awal 1434/21 Maret 2013 (MINA) – Pasukan Amerika telah sepakat untuk secara bertahap menarik keluar pasukanya, termasuk pasukan khusus AS dari provinsi Maidan Wardak Afghanistan.

Pada hari Rabu, Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Panglima Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) Jenderal Joseph Dunford sepakaii rencana penarikan pasukan koalisi secarabertahap dari daerah tersebut. 

komandan ISAF, Jenderal Joseph F. Dunford, bertemu dengan Presiden Karzai di Istana hari ini untuk membicarakan rincian penyelesaiaan Provinsi Wardak, kata ISAF pada keterangan pers nya (20/3) seperti dilansir pers TV yang dikutip MINA.

Pasukan pertama akan mundur dari Kabupaten Nerkh, yang saat ini dikendalikan oleh Polisi afghanistan (ALP) dibantu oleh pasukan koalisi, dan kemudian menyusul kabupaten lain. 

Berdasarkan perjanjian tersebut, pemerintah Afghanistan akan segera memindahkan Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan (ANSF) ke daerah itu. Pernyataan tersebut tidak menyebutkan tanggal penarikan, hanya menyebutkan waktu untuk memindahkan pasukan ANSF ke Kabupaten Nerkh akan ditentukan oleh Pemerintah Afghanistan.

Akhir bulan Februari Karzai menuduh Pasukan Khusus AS membunuhan dan menyiksa penduduk desa di provinsi Wardak dan memerintahkan mereka untuk meninggalkan daerah itu dalam waktu dua minggu. Batas waktu berakhir pada tengah malam pada tanggal 9 maret lalu. 

Karzai keluarkan perintah beberapa hari setelah pengajuan proposal Menteri Pertahanan AS Leon Panetta pada pertemuan NATO di Brussels, meminta pasukan AS dan Eropa tetap berada di Afghanistan samapi rencana penarikan pasukan pada tahun 2014. (T/P015/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply