PERDANA MENTERI MESIR ADAKAN TANYA JAWAB MINGGUAN

Kairo, 11 Jumadil Awal 1434/23 Maret 2013 (MINA) – Perdana Menteri Mesir Hisham Qandil mengumumkan peluncuran tanya jawab mingguan untuk “berbagi ide dan pandangan tentang masa depan Mesir.”

Qandil mengumumkan inisiatif tersebut pada halaman facebook-nya Rabu malam (20/3). Qandil mengakui selama ini ada perbedaan pendapat mengenai kinerja pemerintah yang menurutnya ‘sulit’ dan ‘tidak biasa’.  Dia menambahkan, “kita setuju atau tidak semuanya terserah warga Mesir,” sebagaimana Daily News Egypt melaporkan.

Dalam postingannya, Qandil menjelaskan warga Mesir dapat bertanya dan berkomentar kepadanya melalui facebook, twitter, dan Youtube.  Dia kemudian akan meninjau dan meresponnya. “Saya tahu pada akhirnya akan ada yang setuju dan tidak, namun apapun pertanyaan warga, akan saya jawab dengan jujur dan transparan.”

Setelah menulis inisiatif tersebut di halaman facebook-nya,  Qandil mendapatkan hampir 650 respon publik.  Beberapa di antaranya bertanya seputar sanitasi di daerah kumuh, yang lainnya bertanya kapan Kementerian Dalam Negeri akan direstrukturisasi untuk meningkatkan keamanan di Mesir.

Sebagian besar respon bertanya tentang kebijakan dan pemerintahan Mesir tetapi  sebagian lainnya mengambil kesempatan untuk menyuarakan pendapat mereka, seperti dugaan Qandil. Qandil ditunjuk Mursi sebagai perdana Menteri pada 24 Juli 2012, di mana sebelumnya Qandil menjabat sebagai Menteri Pengairan dan Irigasi dari 2011 dan 2012. (T/P03/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply