PRESIDEN CHINA TEGASKAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DAMAI

Beijing, 8 Jumadil Awal 1434/20 Maret 2013 (MINA) – Presiden China, Xi Jinping menegaskan, Selasa (19/3), China akan mematuhi kebijakan pembangunan damai. Demikian laporan Kantor berita China Daily yang di pantau Mi’raj News Agency (MINA).

“China akan teguh mengikuti jalan pembangunan damai. Sementara itu, kami berharap semua negara di dunia akan mengejar pembangunan damai,” kata Xi.

Cina, sebagai kekuatan yang baru, akan lebih tanggung jawab internasional dan kewajiban dalam lingkup kemampuan dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perdamaian dunia dan pembangunan.

Xi mengatakan, saat menerima wawancara bersama oleh outlet Xinhua dan media dari empat negara BRIC lainnya menjelang kunjungan pertama sebagai presiden Cina.

“China berharap bahwa negara-negara dan peradaban di seluruh dunia akan melakukan pertukaran pada pijakan yang sama, belajar membentuk satu sama lain dan mencapai kemajuan bersama.”kata Xi.

Presiden Cina juga mendesak semua negara untuk melakukan upaya bersatu untuk membangun dunia harmonis yang damai abadi dan kemakmuran bersama.

Kementerian Luar Negeri China mengumumkan, Senin (18/3), Xi akan mengunjungi Rusia, Tanzania, Afrika Selatan dan Republik Kongo pada 22-30 Maret dan menghadiri KTT BRIC kelima pada 26-27 Maret di Durban, Afrika Selatan.

Setelah terpilih sebagai sekretaris jenderal Partai Komunis Cina Komite Sentral pada bulan November, Xi terpilih sebagai presiden China pada sesi pertama Rakyat Nasional ke-12 Kongres pekan lalu.(T/P014/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply