PRESIDEN CINA PUJI HUBUNGAN CINA-AFRIKA

Dar es salaam, 14 Jumadil Awal 1434/26 Maret 2013 (MINA) – Presiden baru China Xi Jinping, Senin (25/3), dalam pidato utamanya pada perjalanan pertamanya sebagai kepala negara untuk benua Afrika, memuji kekuatan hubungan Cina dengan negara-negara Afrika, Modern Ghana melaporkan dalam situsnya.

Kepada pemimpin ibukota ekonomi Tanzania, Jakaya Kikwete, Xi menyebutnya “my dear friends” dan berbicara tentang “persahabatan yang tulus” antara Beijing dengan Afrika. Xi juga menyebut Afrika sebagai “benua harapan dan menjanjikan” yang kaya akan sumber daya alam.

“Afrika milik rakyat Afrika,” kata Xi, berbicara dalam sebuah ruang konferensi baru yang dibangun oleh Cina. “Dalam mengembangkan hubungan dengan Afrika, semua negara harus menghormati martabat dan kemerdekaan Afrika.”

Tahun lalu, perdagangan antara Cina dan Afrika mencapai sekitar $ 200 miliar. Cina akan “mengintensifkan dan tidak melemahkan” hubungan dan mencatat komitmen untuk menyediakan $ 20 milyar credit-line untuk negara Afrika selama dua tahun ke depan.

“Setiap kali saya datang ke Afrika dua hal selalu saya rasakan,  pertama kemajuan yang terus menerus. Saya sangat terkesan pada perkembangan terbaru,” kata Xi, pada kunjungan keenamnya ke benua Afrika.

“Yang lainnya adalah kehangatan Anda yang luar biasa, persahabatan yang tulus dari orang-orang Afrika terhadap orang Cina adalah kehangatan yang tak terlupakan seperti sinar matahari di Afrika,” tambahnya.

Xi dan Kikwete menandatangani 16 kesepakatan perdagangan, budaya dan pembangunan setelah kunjungan Xi di Tanzania, hari Minggu (24/3), termasuk perbaikan rumah sakit, pelabuhan, dan pembangunan sebuah pusat kebudayaan Tionghoa.

Cina adalah investor asing terbesar kedua di Tanzania, dengan saham di bidang pertanian, bijih batubara, besi dan infrastruktur.

“Kami tidak ragu bahwa orang-orang Cina akan terus bekerja sama dengan orang-orang Afrika,” kata Kikwete.

“Sejauh ini, Cina telah menjadi pendukung yang diandalkan dan sekutu negara-negara Afrika dan negara-negara Dunia Ketiga, untuk tatanan dunia yang adil dan ekonomi yang merata,” tambah Kikwete.

Xi mengunjungi Tanzania setelah kunjungannya ke Moskow. Ini adalah pemberhentian pertama Xi dalam tur Afrikanya ke tiga negara.

Hubungan pertama Cina dengan Afrika terjalin  setelah seorang laksamana Muslim Cina memimpin ekspedisi perjalanan laut dari Zheng He ke pantai timur Afrika di tahun 1400-an, tetapi sedikit yang mengikuti jejaknya selama berabad-abad.

Cina membutuhkan sumber bahan baku Afrika.

Cina yang telah meningkat menjadi ekonomi terbesar kedua di dunia, membutuhkan banyak sumber bahan baku dari Afrika. Cina melihat diaspora sejumlah besar pedagang dan operator usaha kecil membangun diri di seluruh Afrika, memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan Eropa atau Amerika Serikat.

Statistik pemerintah Cina mendata bahwa impor Cina dari Afrika melonjak 20 kali lipat dalam satu dekade untuk mencapai $ 113 milyar pada tahun lalu. Dan Cina menjadi mitra dagang terbesar Afrika tahun 2009.

Di Afrika Selatan, di mana perdagangan dua arah mencapai $ 59.900.000.000 tahun lalu, hampir sepertiga dari total perdagangan China-Africa.  Xi rencananya akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan bergabung dengan pemimpin Brazil, India, Rusia dan Afrika Selatan di Durban, pada puncak KTT negara berkembang. (T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply