RABI ISRAEL RAYAKAN PASKAH YAHUDI DI MASJID AL-AQSA

Al-Quds (Yerusalem), 17 Jumadil Awal 1434/28 Maret 2013 (MINA) – Sejumlah besar rabi Israel dan pemukim Yahudi ilegal telah masuk ke masjid Al-Aqsa untuk merayakan hari paskah Yahudi.

Pada Rabu pagi (27/3), ratusan rabi Israel dan pemukim Yahudi ilegal dengan dilindungi oleh polisi Israel memasuki halaman Masjid Al-Aqsa, mereka melakukan ritual keagamaan di dalam masjid.

Penjaga masjid Al-Aqsa, Dr. Najed Bakirat mengatakan, hampir 900 turis asing juga diizinkan untuk memasuki tempat suci umat Islam itu.

Yayasan Al-Aqsa untuk Wakaf dan Warisan Islam, mengatakan, saat pasukan penjajah Israel melaju masuk ke masjid Al-Aqsa, para jamaah dan mahasiswa Muslim keluar dari masjid pada Selasa malam (26/3). “Sejak saat itu mereka telah melarang umat Muslim untuk memasuki masjid,” kata juru bicara yayasan.

Sebelumnya, Seorang anggota sayap kanan Knesset Moshe Feiglin mengatakan, ia berencana untuk memasuki masjid Al-Aqsa untuk merayakan hari Paskah. Ia pun meminta semua pemukim Yahudi untuk bergabung dengannya. 

Para pejabat palestina dan aktivis menyatakan akan ada konsekuensi dari pernyataan Moshe Feiglin tersebut.

Menurut laporan Middle East Monitor (MEMO) seperti dipantau M’raj News Agency (MINA), yayasan Al-Aqsa menyerukan umat Islam mempertahankan penjagaan di sekitar halaman masjid Al-Aqsa untuk mencegah perayaan yang dilakukan oleh Yahudi. 

Dr. Bakirat mengatakan, polisi Israel mencegah Feiglin memasuki masjid setelah sejumlah besar warga Muslim Palestina berkumpul di sekitar masjid.  “Mereka takut akan terjadi bentrokan jika Feiglin masuk ke dalam masjid” tambahnya.

Beberapa pekan lalu, Polisi Israel mengumumkan pembatasan terhadap warga Palestina yang akan melaksanakan shalat Jum’at di masjid Al-Aqsa. Palestine Foundation Pakistan melaporkan, warga Muslim Palestina yang dapat masuk ke masjid Al-Aqsa adalah warga usia di atas 50 tahun dan memiliki kartu identitas. Warga yang tidak memenuhi kriteria tersebut dilarang untuk memasuki dan bebas beribadah di masjid Al-Aqsa.

Masjid Al-Aqsa adalah masjid suci ketiga dalam Islam dan kiblat pertama umat Islam.  Pelanggaran berulang dilakukan Israel hingga menyebabkan kemarahan bagi warga Palestina.

Anggota Dewan Legislatif Palestina, Khamis al-Najjar, menyerukan para pemimpin  Liga Arab yang bertemu di Doha agar segera menghentikan penodaan Israel terhadap kesucian Masjid Al-Aqsa. (T/P013/P02)

 

 

 

 

Leave a Reply