SEKJEN OKI: UNIVERSITAS ISLAM TINGKATKAN KUALITAS MENUJU KELAS DUNIA

Mbale, 9 Jumadil awal 1434/21 Maret 2013 (MINA) – Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Ekmeleddin Ihsanoglu menyerukan universitas Islam di negara-negara Anggota OKI untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sumber daya serta pembangunan dalam rangka untuk meningkatkan persainagn dengan universitas kelas dunia.

Seruan itu disampaikan Ihsanoglu pada Upacara Wisuda ke-20 Universitas Islam Uganda (Islamic University in Uganda /IUIU) yang diselenggarakan di Mbale, Uganda, 16 Maret 2013.

Dalam pidatonya yang dikutip jurnal OKI yang diterima Mi’raj News Agency (MINA), Kamis (21/3), Ihsanoglu mengucapkan selamat kepada para lulusan dan menyarankan mereka untuk terus meningkatkan pengetahuan.

Upacara berwarna-warni, yang bertepatan dengan acara perayaan Jubilee Silver IUIU dan peringatan 50 tahun kemerdekaan Uganda telah menarik ribuan tamu dari wilayah Afrika Timur dan Afrika Barat. Beberapa pejabat setempat juga menyampaikan sambutan dalam upacara itu dengan memberikan penghargaan kepada Sekretaris Jenderal OKI atas komitmennya untuk mempromosikan pendidikan tinggi sains dan teknologi di antara negara-negara anggota OKI dan dukungan tak tergoyahkan bagi Universitas Islam di Uganda.

Di bawah lindungan Sekretaris Jenderal OKI, IUIU telah terdaftar dengan mendapatkan prestasi yang luar biasa mulai dari program peningkatan akademik hingga peningkatan pembangunan infrastruktur yang modern.

IUIU memulai program pendidikannya dengan 88 mahasiswa pada tahun 1988 dengan dua Fakultas. Kini IUIU menawarkan lebih dari 8.000 mahasiswa dengan enam Fakultas. Peningkatan berlajutan pada perluasan lokasi universitas di wilayah lain negara tersebut dengan mendirikan tiga kampus di samping kampus utama yang berada di Mable.

Pada upacara wisuda tahun ini, sebanyak 1856 siswa telah mendapat kelulusan dengan berbagai penghargaan. Jumlah mereka yang telah lulus terdiri dari 55% (1022 orang) laki-laki, sementara 45 persen (834 orang) adalah perempuan. (T/P02/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply