SEKJEN PBB: SURIAH AKAN HANCUR TANPA PEMBICARAAN DAMAI

Suriah, 21 Rabiul Akhir 1433/3 Maret 2013 – Suriah akan hancur jika pemerintah dan oposisi terus berperang, bukan mencari perdamaian dan negosiasi. Demikian kata Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon yang dirilis oleh RTE News.

Dia mengatakan kepada Panarmenian.net yang dipantau oleh Mi’raj News Agency (MINA) bahwa situasi di Suriah memburuk dari hari ke hari setelah hampir dua tahun konflik di mana 70.000 orang tewas, sehingga kecil sekali kesempatan untuk pembicaraan damai.

“Ini adalah sebuah kesempatan meski sangat kecil, namun kami sangat mendukung dan mendorong mereka untuk menggunakan kesempatan yang itu, karena kesempatan itu tidak datang dua kali,” kata Ban Ki dalam konferensi pers di Jenewa.

Pemerintah Suriah telah menunjukkan kesediaan untuk mengadakan pembicaraan dengan oposisi untuk mengakhiri perang yang sekitar 1 juta warga Suriah melarikan diri dari negeri mereka. Menteri Luar Negeri Walid al-Moualem mengatakan awal pekan ini pemerintah ahkan akan berbicara dengan oposisi bersenjata.

Ini memperpanjang paspor untuk warga negara Suriah di luar negeri, memnuhi kondisi yang ditetapkan oleh oposisi untuk melakukan pembicaraan.

Saat menyampaikan kuliah tahunan di Jenewa, sekjen PBB mengatakan, “Saya terus mendesak pihak Suriah untuk menemukan jalan menuju meja perundingan. Kekejaman baru-baru ini membuktikan keraguan.”(T/P08/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply