“TAHANAN X” BOCORKAN RAHASIA KE HEZBOLLAH

Berlin, 14 Jumadil Awal 1434/25 March 2013 (MINA) – Sebuah majalah berpengaruh di Jerman Minggu (24/3) melaporkan, Ben Zygier telah membocorkan rahasia kepada Hezbollah sebelum kematiannya.

Majalah mingguan Der Spiegel mengatakan Ben Zygier, seorang pria yang dikenal sebagai “X Prisoner” yang meninggal di dalam selnya pada tahun 2010, telah menyerahkan tips untuk kelompok Lebanon tersebut dalam penangkapan dua orang mata-mata Israel.

Zygier yang sudah bekerja untuk Mossad sejak tahun 2003 dalam menyelidiki perusahaan-perusahaan Eropa yang melakukan bisnis dengan Iran dan Suriah.

Zygier diperintahkan kembali ke Israel pada tahun 2007 karena atasannya tidak puas dengan hasil kerjanya. Pada tahun 2008 ia mengambil cuti dan kembali ke Melbourne untuk menyelesaikan studinya setelah mencoba merekrut agen baru untuk Israel dalam upaya memperbaiki posisinya di mata atasannya.

Ketika mencoba merekrut agen dari kalangan pendukung Hezbollah, dia malah memberikan informasi yang sangat sensitif.

Informasi ini kemudian menyebabkan dua warga Lebanon, Ziad al-Homsi dan Mustafa Ali Awadeh ditangkap pada Mei 2009 karena menjadi mata-mata Israel dan kemudian dijatuhi hukuman beberapa tahun kerja paksa.

Ben Zygier lahir di Melbourne dan direkrut menjadi agen intelijen Israel yang kemudian memiliki nama alias Ben Alon. Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Australia menyebutkan, Zygier memiliki paspor Australia dengan nama Ben Allen.

Zygier menikah dengan seorang wanita Israel dan memiliki dua anak. Mereka tinggal di Ra’anana, sebuah kota di utara Tel Aviv.

Mahkamah Agung Israel menyatakan bahwa sesuai penyelidikan ekstensif yang dilakukan pemerintah Israel selama lebih dari enam pekan bahwa Zygier mati bunuh diri. Saat itu ia berada di sel setelah divonis penjara selama 18 tahun oleh pengadilan.

Zygier ditemukan tewas di selnya pada Desember 2010 pada usia 34 tahun. Bagaimanapun, sebelum kasus ini terbongkar, Israel berusaha agar kasus ini tidak diketahui masyarakat internasional. (T/P01/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply