TAIWAN ARAHKAN 50 RUDAL KE CHINA

Taipei, 7 Jumadil Awal 1434/19 Maret 2013 (MINA) – Sebuah laporan mengungkapkan, Taiwan telah mengarahkan 50 rudal jarak menengah tahun 2014  ke pangkalan-pangkalan militer di China tenggara. Demikian laporan Kantor Berita Defense News yang di pantau Mi’raj News Agency (MINA).

Laporan itu muncul setelah mantan Menteri Pertahanan Taiwan, Michael Tsai, dalam bukunya yang baru diterbitkan, mengungkapkan bahwa negara pulau itu berhasil menciptakan rudal jarak menengah pada 2008, yang dapat digunakan untuk menghadapi China.

Rudal Yun Feng (Puncak Awan) telah dikembangkan oleh Institut Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Chung-shan yang dikelola negara dan masing-masing memiliki jangkauan lebih dari 1.000 kilometer, kata China Times berbasis di Taipei, mengutip sumber-sumber militer yang tak disebutkan namanya.

Rudal-rudal dikerahkan di pegunungan di Taiwan tengah mulai tahun depan untuk membidik sasaran-sasaran militer, termasuk bandar udara dan markas rudal, di sepanjang pantai tenggara China, kata laporan itu.

Taiwan telah meneliti rudal jenis ini untuk menghadapi ancaman-ancaman dari China setelah pihaknya menembakkan rudal-rudal itu di dekat pulau pada tahun 1996.

Ia menambahkan, proyek Yun Feng ini dikembangkan dengan bantuan negara Eropa. Kementerian Pertahanan Taiwan menolak mengomentari laporan itu, tetapi justru mengecam pengungkapan Tsai, dan mengatakan hal itu bisa membahayakan keamanan nasional.

Ketegangan Taiwan dengan China telah berakhir sejak Ma Ying-jeou menjadi presiden Taiwan pada tahun 2008 di Flatform Beijing. Namun, China masih menolak untuk meninggalkan kemungkinan penggunaan kekuatan terhadap pulau itu untuk kembali mengambil Taiwan, yang telah memerintah sejak akhir perang sipil pada 1949.(T/P014/R1/E1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply