TALIBAN BEBASKAN TEKHNISI TURKI YANG DICULIK

Kabul, 20 Jumadil Awal 1434/1 April 2013 (MINA) – Taliban Afghanistan melepaskan teknisi Turki Sertac Dikilitas, Sabtu (30/3), yang diculik dua tahun lalu  berkat upaya yang dilakukan oleh Organisasi Intelijen Turki (MIT), seperti yang dilansir World Bulletin yang dipantau MINA, Ahad (31/3).

Dikilitas (30 tahun) diculik  oleh Taliban tanggal 9 Januari 2011 saat dalam perjalanan ke Kabul dari Jalalabad. Selama 28 bulan Dikilitas ditahan oleh Taliban.

Sumber mengatakan, Dikilitas dibawa dengan aman ke Kedutaan Turki di Kabul, hari Sabtu dan ia diperkirakan akan tiba di Turki hari Minggu.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, Sabtu menelepon ibu Sertac Dikilitas, ‘Dikilitas Nursel dan memberikan keluarga Dikilitas kabar baik tentang pembebasan puteranya.

Sementara Haber7.com melaporkan, Nursel, kepada wartawan, mengatakan bahwa anaknya akan memiliki kebahagiaan hidup, ia tidak percaya anaknya telah dibebaskan.

”Tuhan memberkati mereka semua. Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan, Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu dan kami ingin mengucapkan terima kasih kepada kedutaan di Kabul. Duta Besar di Kabul memanggil kami, kakak saya mengatakan dalam keadaan sehat,” kata adik Dikilitas, Isil.

“Prosedur formal yang diperlukan telah selesai. Saya bertemu dengan dia, kondisi kesehatannya sangat baik. Tindakan hukum perlu diambil,” tambahnya. (T/P09/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply