AHMADINEJAD : IRAN TIDAK PERLU BOM ATOM

 

foto: wikimedia doc

Cotonou, Benin, 6 Jumadil Akhir 1434/15 April 2013 (MINA) – Ahmadinejad mengatakan pada Senin (15/4) Iran tidak membutuhkan bom atom dan menegaskan selama ini program nuklirnya digunakan untuk sumber energi damai.

“Kita tidak perlu bom atom …. Dan selain itu, selama ini bukanlah bom atom yang mengancam dunia, melainkan moral dan budaya  Barat yang menurunkan harkat dan martabat,” tegas Ahmadinejad sebagaimana Ahram melaporkan.

Dalam kunjungan pertama dari tur tiga Negara Afrika, Ahmadinejad menyebutkan program nuklirnya sebagai berkah untuk menyediakan sumber energi listrik yang terjangkau.

Ahmadinejad juga mengonfirmasi upaya-upaya pihak yang menuduh program nuklirnya selama ini. “Mereka menuduh Iran, seperti semua negara yang sedang berusaha dengan cepat menguasai dunia saat ini,” kata pemimpin Iran melalui seorang penerjemah dalam sebuah pidato di universitas Benin, Afrika Barat.

Selama ini, negara-negara Barat menuduh Teheran diam-diam mengembangkan kapasitas untuk memproduksi sebuah bom nuklir, namun Iran membantah hal ini dan menegaskan program nuklirnya untuk tujuan energi dan medis.

Tiba di Benin pada Ahad malam (14/4), Ahmadinejad dijadwalkan melakukan perjalanan ke Negara tetangga, Niger yang merupakan salah satu produsen uranium tertinggi di dunia Senin malam (15/4).

AFP melaporkan Iran membutuhkan uranium untuk program nuklirnya, namun menteri luar negeri Benin mengkonfirmasi bahwa uranium itu tidak  termasuk dalam agenda kunjungan Ahmadinejad selama di Benin.

Pembicaraan di Benin terfokus terutama pada energi, pertanian dan pendidikan, sumber-sumber pejabat Benin mengatakan. Ahmadinejad akan melakukan perjalanan ke Ghana pada Selasa setelah kunjungannya ke Niger untuk mengakhiri kunjungannya. (T/P03/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply