ARAB SAUDI SEDIAKAN DANA UNTUK PENDIDIKAN PALESTINA

Riyadh, 21 Jumadil Awwal 1434/3 April 2013 (MINA) – Komite Saudi untuk Bantuan Rakyat Palestina dan UNESCO baru-baru ini menyimpulkan perjanjian sumbangan Saudi sebesar 2,9 juta dollar akan mendukung hak pendidikan untuk mahasiswa di universitas Palestina, terutama mereka yang berasal dari latar belakang sosial ekonomi yang rendah dan tinggal di daerah terpinggirkan.

Proyek ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa miskin akses ke materi kursus penting dan peralatan seperti kunci teks yang pokok, buku referensi, dan fasilitas komputer dan internet.

Dalam kemitraan dengan sebuah LSM Palestina Institut Kesehatan, Pengembangan, Informasi dan Kebijakan, proyek ini akan membangun atau mendukung perpustakaan yang berisi materi pelajaran penting bagi siswa di 12 kabupaten di Tepi Barat dan Jalur Gaza: Tulkarem, Ramallah, Bethlehem , Hebron, Jenin, Nablus, Qalqiliya, Yerusalem, Yerikho, Salfit, Gaza, Khan Younis.

Dalam pesan untuk acara tersebut, Asisten Direktur Jenderal untuk Perencanaan Strategis, Hans d’Orville, memuji kedermawanan Arab Saudi dan komitmen yang kuat untuk kegiatan UNESCO, dan mengucapkan terima kasih, atas nama Direktur Jenderal, Irina Bokova, Pangeran Muhammad bin Naif, Menteri Dalam Negeri dan Direktur Jenderal Komite Saudi, atas dukungannya terus menerus dan kedermawannya pada kegiatan UNESCO dalam mendukung pendidikan di Palestina.

Aldrees Ziad, Duta Besar Arab Saudi untuk UNESCO, mengucapkan terima kasih kepada Direktur Jenderal Irina Bokova atas dukungan nya untuk proyek-proyek dengan Arab Saudi dan menekankan bahwa Arab Saudi dengan bangga menandatangani perjanjian untuk mendukung Palestina yang membutuhkan.

Kerjasama antara UNESCO dan Komite Saudi untuk Bantuan Rakyat Palestina (entitas di bawah Kementerian Dalam Negeri Saudi) dimulai pada tahun 2005 ketika  Pangeran Mahkota dan Menteri Dalam Negeri Naif bin Abdulaziz memberikan kontribusi sebesar  15 juta dollar untuk mendukung pendidikan tinggi di Palestina.

Ini adalah awal dari sebuah kerjasama menguntungkan dengan UNESCO, yang telah berkembang selama bertahun-tahun dan  memastikan dampak yang sangat positif dari upaya UNESCO untuk membantu siswa dan lembaga pendidikan Palestina. Secara total, sejak tahun 2005, Komite Saudi telah memberikan kontribusi sekitar 19 juta dollar termasuk kesepakatan ini. (T/P011/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply