AUSTRALIA TINGKATKAN DUKUNGAN ATASI KEMISKINAN DI INDONESIA

 

Menteri Luar Negeri Australia, Bob Carr dalam konferensi pers seusai meninjau langsung madrasah yang mendapat bantuan Program Kemitraan Pendidikan Australia – Indonesia bagi Pendidikan Madrasah yang Bermutu di Jakarta, Kamis (4/4). [ Foto : MINA/Rosyid ]

Jakarta, 23 Jumadil Awal 1434/4 April 2013 (MINA) – Menteri Luar Negeri Australia, Bob Carr dalam kunjungannya ke Indonesia mengumumkan Australia akan menambah bantuan yang diberikan kepada Indonesia sebanyak 99 juta Dolar Australia (Sekitar satu triliun Rupiah) untuk program penanggulangan kemiskinan selama dua tahun di Jakarta, Kamis (4/4).

Carr mengatakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) memberikan manfaat kepada sekitar 40 juta masyarakat miskin Indonesia dengan memberikan dana hibah masyarakat, dan masyarakat yang menentukan kebutuhan penting yang paling diperlukan.

Selama berkunjung ke Indonesia, Carr menyempatkan diri meninjau langsung Madrasah Ibtidaiyyah Manarul Huda, di bilangan Bintaro, Jakarta Selatan, salah satu sekolah Islam yang telah mendapatkan bantuan AusAID yang bekerja sama dengan Kementerian Agama RI melalui pembenahan gedung sekolah dan fasilitas sanitasi yang lebih baik.

PNPM juga membantu anak-anak di pelosok Indonesia untuk bisa bersekolah dengan layak, dengan memberikan beasiswa dan fasilitas yang lebih baik. Dibawah program PNPM, lebih dari 30.000 sekolah dan 7.800 puskesmas telah dibangun dan direhabilitasi sejak 2008.

“Lebih dari 177.000 pelajar telah merasakan manfaat dari beasiswa dibawah program ini sejak 2008,” ungkap Carr.

Sementara itu, Sekjen Kementerian Agama RI, Bachrul Hayat mengatakan, “Bantuan ini murni kepercayaan pemerintah Australia terhadap Indonesia, mereka tidak mempermasalahkan agama, meskipun sekarang ini yang dikunjungi adalah sekolah Islam”.

Bachrul lebih lanjut menyatakan, saat ini Indonesia menerima bantuan pendidikan secara sistematik dari Australia dan Uni Eropa sehingga Indonesia sendiri yang menentukan arah kurikulum pendidikannya tanpa ada campur tangan dari mereka.

Dana tambahan ini akan menjadikan total bantuan Australia untuk PNPM sebesar 314 juta Dolar Australia (sekitar 3,2 triliun Rupiah) antara tahun 2009 hingga 2015 yang membuat negeri kangguru tersebut mempunyai andil paling besar terhadap Indonesia. (L/P01/P015/P02).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply