CNN BOHONG TENTANG IRAN DAN SURIAH

Los Angeles, 21 Jumadil Awal 1434/2 April 2013 (MINA) – Seorang wartawan investigasi vokal dan mantan koresponden CNN menyebutkan jaringan pemberitaan yang berbasis di Amerika tersebut terlibat dalam menyebarkan propaganda Barat terhadap Iran dan Suriah.

Kantor Berita Suriah, SANA mengutip pernyataan Amber Lyon yang mengatakan bahwa selama bekerja untuk CNN, dia menerima perintah untuk mengirim berita palsu atau menghapus informasi tertentu yang tidak disetujui oleh pemerintah AS karena bertentangan dengan tujuan menghasut opini publik yang cenderung memojokkan Iran dan Suriah.

Lyon menambahkan media utama AS sengaja bekerja untuk menciptakan propaganda terhadap Iran untuk menggalang dukungan publik dalam rangka melaksanakan invasi militer terhadap negara tersebut.

Dia mengatakan ada skenario dengan model sama yang digunakan sebelum meluncurkan perang Irak pada 2003 yang sedang dipersiapkan untuk Iran dan Suriah.

Lyon melanjutkan, kedua negara tersebut kini sedang mengalami demonisasi konstan oleh media utama Amerika.

Mantan wartawan tersebut menjelaskan bahwa CNN menerima uang dari pemerintah AS dan negara-negara lain untuk menyelaraskan isi berita dengan kepentingan mereka.

Bulan Oktober lalu, Amber menyebutkan bahwa “ada demonisasi konstan Suriah, Iran dan negara-negara lain di media utama AS”.

Dia menggambarkan hal ini sebagai “tindakan berbahaya kepada publik Amerika karena mereka tidak diberi cerita yang akurat dan gambaran yang akurat dari kebijakan luar negeri kami”.

Lyon, yang “dirumahkan” oleh CNN pada Maret 2012 juga mengungkapkan bahwa jaringan CNN dibayar oleh rezim despotik tersebut untuk memproduksi dan menyiarkan apa yang disebut sebagai hal “infomersial untuk diktator”. (T/P01/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply