DELEGASI ISRAEL BAYAR KOMPENSASI KORBAN MAVI MARMARA

Ankara, 22 Jumadil Awal 1434/3 April 2013 (MINA) – Wakil Perdana Menteri Turki Bulent Arinc mengatakan delegasi Israel akan tiba di Turki tanggal 11 April untuk melakukan pembicaraan mengenai “Israel akan membayar  kompensasi” untuk  korban insiden kapal Mavi Marmara, Selasa (2/4), Ankara.

Anadolu Agency yang dipanatau MINA melansir bahwa Arinc mengatakan ia dan Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu akan bertemu  dengan keluarga korban di Ankara, Rabu.

Israel setuju untuk membayar kompensasi bagi para korban serangan Mavi Marmara oleh pasukan bersenjata Israel di perairan internasional Mediterania  tahun 2010.

Berbicara pada sebuah program TV, Arinc mengatakan Israel akan membayar konpensasi, hukum internasional harus diperhitungkan,  begitu pun dengan hukum domestik Turki. Kompensasi akan mencakup kerusakan moneter dan non-moneter untuk keluarga korban serta orang-orang yang terluka.

“Israel ingin segera membayar kompensasi dan kami ingin memecahkan masalah secepat mungkin” kata Arinc.

Dia mengatakan Turki tidak memberikan jumlah berapapun, tapi mengatur kerangka.

Ada kemungkinan pembicaraan akan padat di beberapa titik. Arinc menyatakan itu bukan masalah yang mudah, sebab Israel meminta maaf untuk pertama kalinya dalam sejarah dan ingin membayar kompensasi.

“Ketika negara membayar kompensasi ke negara bagian lain, tuntutan hukum yang sedang berlangsung harus berakhir dengan penarikan penggugat individu,” tambah Arinc.

Dia mengatakan, Turki akan ikut campur dalam masalah politik untuk mengangkat embargo terhadap Gaza, beberapa langkah akan diambil tapi Turki akan terus mengamati permasalahan tersebut.

Menurut Arinc, permintaan maaf Israel ke Turki lebih mematikan dari pada serangan Mavi Marmara. Ini adalah kesuksesan luar biasa dari kebijakan luar negeri Turki. Ia mengatakan permintaan maaf itu sebagai sarana meyakinkan bahwa Israel menerima dan mengakui tindakannya yang tidak adil. (T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply