DRONE AS LAKUKAN 80 SERANGAN KE YAMAN

Sana’a, 20 Jumadil Akhir/29 April 2013 (MINA) – Amerika Serikat (AS) telah melakukan lebih dari 80 serangan drone (pesawat tak berawak) di Yaman pada tahun 2012, yang telah menyebabkan jatuhnya korban sipil secara signifikan, sebuah kelompok hak asasi Yaman mengatakan.

Menurut Organisasi Nasional Yaman untuk membela hak dan kebebasan, pesawat drone melakukakn lebih dari 80 serangan udara mematikan di Yaman tahun lalu.

Sementara itu, aktivis Yaman Farea al-Muslimi, mengatakan dalam kesaksiannya di depan komite Senat AS bahwa “AS tidak memerangi terorisme, pesawat tak berawak AS justru menyerang di negara yang kaya bahan bakar itu”. Dia juga mengatakan bahwa Amerika Serikat telah menjadi musuh Yaman dengan melakukan serangan drone dan pembunuhan yang ditargetkan.

“Sementara Amerika terus membuat aturan hukum untuk Yaman, mereka melanggar dengan melakukan serangan pesawat tak berawak,” kata Muslimi komite Senat.

Washington menggunakan drone pembunuh di Yaman, Pakistan, Afghanistan, dan Somalia, mengklaim bahwa mereka menargetkan teroris. Serangan, bagaimanapun, sebagian besar telah menyebabkan korban sipil yang besar.

PBB telah mengecam terhadap pesawat tak berawak AS yang menyerang warga tak bersalah, masyarakat  internasional juga ikut mengecam tindakan tersebut yang masih berlangsung hingga saat ini. Sebuah laporan mengatakan bahwa CIA berusaha untuk memperluas serangan pesawat tak berawak rahasia di Yaman, demikian sperti dilansir dari Press TV dan dikutip MINA.

Yaman telah mengadakan beberapa aksi unjuk rasa anti-AS di seluruh negeri selama beberapa bulan terakhir dan telah meminta pemerintah mereka untuk memutuskan semua hubungan dengan Washington atas serangan udara mematikan. (T/P05/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply