ERDOGAN SEGERA KUNJUNGI GAZA

 Ankara, 5 Jumadil Akhir 1434/ 14 April 1434 (MINA) – Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Ahad (14/4), akan mengunjungi Jalur Gaza Palestina pada akhir Mei mendatang setelah perjalanan resmi ke Amerika Serikat pada pertengahan bulan depan.

Erdogan tidak memberikan tanggal spesifik mengenai kunjungannya tetapi mengatakan dalam pidato pada televisi di Ankara akan mengadakan kunjungan sekitar akhir Mei. Dia akan melakukan perjalanan ke Washington untuk bertemu dengan Presiden Barack Obama pada 16 Mei.

Harian Hurriyet Turki dan media lokal Turki lainnya yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA) melaporkan, pemimpin Turki yang telah bertahun-tahun berbicara atas keinginannya untuk mengunjungi daerah kantong Palestina, diharapkan untuk melakukan perjalanan ke sana bulan ini tetapi ditunda perjalanannya atas permintaan Washington.

Menurut laporan tersebut, Amerika Serikat menginginkan perjalanan ditunda agar tidak merusak pemulihan hubungan yang baru lahir antara Turki dan Israel menyusul permintaan maaf Israel pada bulan lalu atas terbunuhnya sembilan orang Turki dalam tragedi Mavi Marmara tahun 2010.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry bertemu Erdogan di Istanbul pekan lalu. Kunjungan keduanya ke Turki dalam waktu satu bulan, tapi tidak jelas apakah mereka telah membahas kunjungan ke Gaza.

Obama bulan lalu menengahi langkah pertama dalam rekonsiliasi antara kedua negara yang hubungannya dibekukan setelah pembunuhan sembilan orang Turki pada 2010 di atas kapal laut bantuan ke Gaza oleh marinir Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu meminta maaf kepada Turki atas pembunuhan dan berjanji memberikan kompensasi kepada keluarga yang berduka demi memenuhi permintaan Turki. Turki, untuk bagian ini, tampaknya memundurkan permintaan terpisah lainnya bagi Israel agar menghentikan blokade Gaza.

Perdana menteri Turki lebih lanjut mengatakan, semua itu tentu saja akan membantu proses mengangkat embargo Israel di tanah Palestina, seperti yang dijanjikan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai bagian dari permintaan maaf Israel ke Ankara.

Taher al-Nunu, juru bicara Perdana Menteri Palestina di Jalur Gaza Ismail Haniyah juga menegaskan laporan tersebut, mengatakan Erdogan akan segera berkunjung ke Jalur Gaza yang diblokade untuk bertemu dengan Perdana Menteri Ismail Haniyah.

Nunu lebih lanjut menambahkan, Perdana Menteri Turki juga memberitahu kepala biro Politik Hamas Khalid Misy’al terkait kunjungannya ke daerah Gaza.  (T/P011/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply