EROPA SERUKAN ISRAEL BEBASKAN TAHANAN PALESTINA

Ramallah, 20 Jumadil Akhir 1434/30 April 2013 (MINA) – Delegasi Parlemen Eropa bergabung dalam upaya untuk membebaskan rakyat Palestina yang ditahan di penjara Israel.

Hal itu bertepatan dengan adanya aksi protes di Tepi Barat dan konferensi dengan tema “Kebebasan dan Martabat,” yang diadakan di Ramallah, Senin (29/4).

Dalam pertemuan tersebut di fokuskan membahas kasus seorang pemimpin Fatah, Marwan Barghouti, yang telah ditahan selama 11 tahun di penjara Israel sejak diputuskan oleh pengadilan Israel pada 2004 lalu.

“Selama 11 tahun terakhir perubahan penting mengenai Eropa. Parlemen, lembaga-lembaga sipil, dan organisasi hak asasi manusia di Eropa juga demikian, saya mencatat ini merupakan perubahan yang positif,” kata Fadwa Barghouti seperti dikutip Euro News yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA), Selasa (30/4).

Istri Marwan Barghouti yang juga seorang pengacara itu berpendapat, Otoritas Palestina tidak cukup mampu untuk membebaskannya. Dia mengatakan, negoisasi dengan Israel akan membuang-buang waktu. Dia juga memberikan dukungan luas bagi perjuanagn faksi-faksi di Palestina.

Sementara itu, Koresponden Euronews, Mohammed Shaikh Ibrahim mengatakan, upaya lokal disertai dengan kampanye internasional sedang berlangsung untuk membebaskan tahanan Palestina sesuai dengan perjanjian-perjanjian internasional dan tingkat pertama Perjanjian Jenewa.

Menurut laporan Lembaga Tahanan dan HAM Palestina, Addameer, warga Palestina yang masih ditahan di penjara-penjara Israel sekitar 4900 orang. (T/P013/P02)

Mi’raj News Agency (MINA) 

 

 

 

 

Leave a Reply