HAMAS KECAM KERRY ATAS HASUTANNYA PADA ERDOGAN

Gaza, 13 Jumadil Akhir/22 April 2013 (MINA) – Gerakan perlawanan Palestina Hamas mengecam Menteri Luar Negeri AS John Kerry yang menyerukan Perdana Menteri Turki untuk menunda kunjungan ke Jalur Gaza.

Menurut berita dari Press tv seperti dikutip oleh MINA, juru bicara Hamas Sami Abu Zuhri pada Ahad menyalahkan Kerry dan Kepala Otoritas Palestina Mahmud Abbas adanya “kolusi dalam upaya untuk mempertahankan (Israel) blokade di Gaza.”

Sebelumnya, menteri luar negeri AS mengadakan pertemuan terpisah dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan Abbas di Istanbul, ia mengatakan kepada wartawan meminta pada Erdogan untuk menunggu “kondisi yang tepat” sebelum mengadakan kunjungan ke Gaza pada bulan Mei .

“Kami telah mengatakan kepada perdana menteri bahwa akan lebih baik untuk menunda (kunjungan ke Gaza),” kata Kerry.

Pada bulan November 2012, serangan Israel selama delapan hari di Gaza menewaskan sekitar 170 warga Palestina, termasuk banyak wanita dan anak-anak, dan melukai lebih dari 1.400 lainnya.

Sebuah perjanjian gencatan senjata, yang mulai berlaku pada tanggal 21 November, mengakhiri serangan Israel di Jalur Gaza, yang telah diblokade sejak Juni 2007, sebuah situasi yang telah menyebabkan penurunan standar hidup, tingkat pengangguran yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan kemiskinan yang tak kunjung usai.

Rezim apartheid Israel menahan hak 1,7 juta hak rakyat  Gaza, seperti hak kebebasan, hak mendapatkan upah yang layak dari pekerjaan, serta kesehatan dan pendidikan yang memadai. (T/P05/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply