IRAN TERBITKAN AL-QUR’AN DALAM 22 BAHASA

Teheran, 16 Jumadil Akhir 1434/25 April 2013 (MINA) – Kepala Institut Kebudayaan Tarjoman Vahy mengatakan bahwa Iran akan menerbitkan Al-Quran dalam terjemahan 22 bahasa.

Hujatoleslam Mohammad Naghdi menyatakan bahwa pihaknya sejauh ini telah merilis terjemahan Al-Quran ke dalam 7 bahasa setelah sebelumnya menterjemahkan buku ke dalam 6 bahasa. 

Selain itu pusat telah meminta Naghdi untuk kembali menerjemahkan Al-Quran ke dalam 9 bahasa lainnya.

Naghdi menyoroti bahwa kebutuhan yang sangat besar bagi masyarakat Islam di dunia untuk mendapatkan Al-Quran dengan berbagai terjemahan bahasa agar dapat diakses lebih banyak lagi dan sebagai pedoman bagi masyarakat Islam dalam menyelesaikan berbagai masalah, Al-Quran sebagai rujukan.

“Iran sedang berusaha keras untuk menerbitkan Al-Quran dengan berbagai bahasa, sehingga masyarakat dapat bebas mempelajarinya,” kata Naghdi.  Menurut laporan ABNA seperti dipantau Mi’raj News Agency (MINA), Rabu (24/4).

Tarjoman Vahy sejauh ini telah menerbitkan terjemahan Al-Quran dalam bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Turki dan Cina dan telah didistribusikan ke Negara-negara Amerika Serikat, Perancis, Inggris, Kanada, India dan Azerbaijan.

Sebelum penaklukan Islam, Iran Timur didominasi oleh Budha, ada gerakan lambat tapi stabil dari populasi terhadap Islam.  Setelah Islam dikenalkan di Iran, kaum bangsawan dan penduduk kota adalah orang pertama yang meyakini, Islam menyebar lambat dikalangan tani.

Pada abad k2-11 Persia (Iran) telah menjadi lautan orang Muslim. Menurut laporan beberapa sumber, Islam di Iran mencapai 98%. (T/P013/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

 

 

Leave a Reply