IRAN UNGKAPKAN TEKAD BANTU KEMAJUAN NEGARA-NEGARA AFRIKA

Porto Novo, Benin, 5 Jumadil Akhir 1434/15 April 2013 (MINA) – Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyatakan Iran membantu negara-negara Afrika untuk menuju kemajuan, demikian menurut laporan PressTV yang dipantau MINA.

Berbicara kepada wartawan pada akhir kunjungannya ke Benin dalam rangkaian turnya ke tiga negara Afrika pada Senin (15/4), presiden Iran mengatakan Teheran siap untuk berbagi pengalaman dengan semua negara sahabat di benua Hitam tersebut.

“Kerja sama Iran dengan negara-negara Afrika akan memberi manfaat perdamaian dan keamanan internasional dan semua umat manusia dan tidak akan ada permusuhan terhadap siapa pun,” ungkap Ahmadinejad. Dia menambahkan bahwa Iran dan negara-negara Afrika akan bekerja sama untuk mewujudkan perdamaian dunia.

Sementara itu, Presiden Benin Thomas Yayi Boni, menilai sebagai pembicaraan positif dan mengatakan kedua negara mencapai kesepakatan dalam mendukung kemajuan bangsa mereka.

Thomas juga menyatakan harapan untuk dapat melakukan kerja sama bilateral yang lebih kuat dalam bidang energi. Ahmadinejad meninggalkan Teheran dalam kunjungan tiga hari di Afrika pada Ahad. Dia juga mengatakan kunjungan tersebut dilakukan atas undangan presiden dari Benin, Niger, dan Ghana. Ini merupakan kunjungan Ahmadinejad yang terakhir ke Afrika sebagai presiden Iran sebelum masa jabatannya berakhir pada pertengahan tahun ini. (T/P01/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply