JOHN KERRY DESAK TURKI SEGERA PULIHKAN HUBUNGAN DENGAN ISRAEL

Istanbul, 27 Jumadil Awal/8 April 2013 (MINA) – Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah mendesak Turki untuk memulihkan hubungan diplomatik dengan Israel tanpa ada penundaan dan melakukan kembali pertukaran duta besar.

Kerry mengatakan pada konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu di Istanbul pada hari Minggu bahwa Washington ingin Ankara-Tel Aviv kembali ke hubungan utuh seperti dahulu karena keduanya merupakan sekutu penting AS di kawasan timur tengah.

Diplomat tertinggi AS juga meminta Ankara untuk mempercepat pekerjaan pada perubahan pemerintah di Suriah, menambahkan bahwa Washington dan Ankara akan terus bekerja sama untuk menemukan transisi yang damai dan cepat di Suriah.

Menurut Press tv seperti dikutip oleh MINA, Kerry juga bertemu dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan.

Ankara sepakat untuk memulihkan hubungan dengan Tel Aviv pada 22 Maret setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu meminta maaf kepada Turki atas kematian sembilan aktivis Turki dalam serangan Israel pada armada internasional Gaza pada tahun 2010. Israel juga setuju untuk membayar kompensasi kepada para keluarga dari mereka yang tewas oleh pasukan komando Israel.

Permintaan maaf itu ditengahi oleh Presiden AS Barack Obama selama kunjungannya ke Israel dan mengakhiri hampir tiga tahun keretakan hubungan antara Israel dan Turki. Namun kedua belah pihak belum bertukar duta besar dan belum sepenuhnya memulihkan hubungan diplomatik.

Setelah Turki, Kerry dijadwalkan akan mengunjungi Israel dan Tepi Barat. (T/P05/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply