KERRY: AMERIKA NAIKAN DUKUNGANNYA KEPADA MILITAN SURIAH

Istanbul, 12 Jumadil Akhir/21 April 2013 (MINA) – Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan Amerika Serikat telah meningkatkan dukungannya terhadap militan asing di Suriah.

Dikutip dari Press Tv, Kerry membuat pernyataan pada konferensi pers yang diadakan di Istanbul, Turki, pada hari Ahad, mengatakan AS akan terus memberikan bantuan kepada militan di Suriah.

Dia mengatakan pemerintah AS memutuskan untuk memberikan militan di Suriah dengan apa yang ia sebut paket “yang tidak mematikan”.

 “Selama beberapa bulan terakhir, kami telah terus meningkatkan bantuan yang tidak mematikan senilai lebih dari 127 juta dolar,” kata Kerry.

Paket baru, yang akan memberikan tambahan $ 123 juta dollar bantuan kepada militan, menjadikan total bantuan yang telah diberikan Amerika senilai US $ 250 juta.

Laporan media telah menunjukkan bahwa AS melatih militan yang disponsori asing di negara yang sedang dilanda krisis, disamping mengkoordinir pengiriman senjata kepada mereka.

Suriah telah mengalami kerusuhan yang tak kunjung usai sejak Maret 2011. Banyak orang, termasuk sejumlah besar tentara Suriah dan aparat keamanan, telah tewas dalam kekerasan itu.

Pemerintah Suriah mengatakan bahwa kekacauan telah diatur dari luar negeri, dan ada laporan bahwa jumlah yang sangat besar dari para militan adalah warga negara asing. Damaskus mengatakan Barat dan sekutu regional termasuk Qatar, Arab Saudi, dan Turki mendukung para militan. (T/P05/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply