ERDOGAN KUNJUNGI GAZA, BUKTI DUKUNG PALESTINA

Jakarta, 16 Jumadil Akhir 1434/25 April 2013 (MINA) – Direktur Middle East Monitor (MEMO), Daud Abdullah menyatakan, rencana kunjungan Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan ke Jalur Gaza, Palestina pada Mei mendatang merupakan penegasan terhadap dukungan negaranya kepada perjuangan rakyat Palestina melawan penjajah Israel.

“Kunjungan Perdana Menteri Erdogan ke Gaza merupakan bentuk dukungannya kepada perjuangan rakyat Palestina melawan penjajahan Israel dan juga merupakan upaya untuk membongkar blokade Gaza secara politis dan diplomatis,” kata Abdullah kepada Mi’raj News Agency (MINA) di Jakarta, Kamis (25/4).

Abdullah juga menyatakan, bagi pemerintah Turki, hal itu merupakan bagian dari upaya untuk lebih dekat kepada para pejuang pergerakan di Timur Tengah sehingga posisi Turki di kawasan tersebut semakin kuat.

“Bagi Turki, hal itu semakin memperkuat peran negara tersebut di kawasan Timur Tengah baik secara ekonomi maupun politik dimana semakin dekatnya Turki dengan gerakan-gerakan Islam di wilayah tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Palestina, Ismail Haniyah menyebutkan, komitmen Erdogan untuk berkunjung ke Gaza adalah bukti berakhirnya masa intervensi Amerika.

Dalam keterangan yang dirilis dari Doha, Haniyah menyatakan pihaknya menyambut baik kunjungan Erdogan ke Gaza. ”Kami mengapresiasi sikap pemimpin dan rakyat Turki atas dukungan mereka terhadap persoalan Palestina,” kata Haniyah saat berkunjung ke Doha, Qatar, Ahad (21/4).

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, mendesak Erdogan membatalkan kunjungannya ke Gaza. Kerry menyatakan kunjungannya itu akan membahayakan proses perdamaian Timur Tengah yang sedang berlangsung antara Israel dan Palestina. 

“Sebaiknya Erdogan membatalkan kunjungan ke Gaza”, tegas Kerry saat berlansung pertemuan para Menlu dari negara-negara pendukung oposisi Suriah di Istanbul, Ahad (21/4).

Namun, Erdogan menegaskan tidak akan mengubah rencananya berkunjung ke Gaza. Meskipun John Kerry memintanya untuk menunda kunjungan ke Gaza. (L/P04/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply