LAKUKAN PELECEHAN SEKSUAL DI AFRIKA, JENDERAL AS DICOPOT

Washington, 26 Jumadil Awal 1434/7 April 2013 (MINA) – Seorang pejabat Pentagon menegaskan, Jum’at (5/4) di Washington, seorang jenderal Amerika Serikat (AS) yang bertanggung jawab dalam operasi di Afrika Timur telah dicopot dari jabatannya karena laporan pelecehan seksual.

Mayor Jenderal Ralph Baker, komandan Gabungan  Bersama-Tanduk Afrika, dibebastugaskan dari jabatannya oleh pimpinan lapangan dari US Africa Command (AFRICOM), Jenderal Carter F. Ham, 28 Maret lalu, seperti dilansir media Afrika Modern Ghana, Jum’at dan dipantau MINA.

“Baker diganti karena kesalahan yang menyebabkan hilangnya kepercayaan dalam kemampuannya memerintah,” kata juru bicara Pentagon Mayor Rob Firman.

“Dugaan penyimpangan tetap berada di bawah putusan pengadilan, tidak pantas bagi kita untuk komentar lebih lanjut,” kata Firman. Pernyataan Firman itu tidak merinci lebih jauh dugaan pelanggaran Baker.

Namun seorang pejabat Pentagon yang berbicara pada kondisi anonimitas (dirahasiakan namanya)  mengatakan laporan menunjukkan Baker kehilangan jabatannya karena alkohol dan tuduhan pelecehan seksual yang akurat.

Baker saat ini diasingkan ke posisi administratif di Washington sambil menunggu hasil dari penyidikan disipliner. Keputusan Umum Jenderal Ham diambil tidak lama sebelum Jenderal David Rodriguez mengambil alih komandan AFRICOM hari Jumat.

AFRICOM atau USAFRICOM

Komando AS – Afrika/US Africa Command (AFRICOM atau USAFRICOM) adalah salah satu dari sembilan Satuan Komando Tempur dari Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, yang berpangkalan pusat di Kelley Barracks, Stuttgart, Jerman.

Satuan ini bertanggung jawab untuk operasi militer dan hubungan militer AS dengan 53 negara Afrika – wilayah tanggung jawab/an area of responsibility (AOR), mencakup seluruh Afrika kecuali Mesir, yang berada dalam wilayah tanggung jawab Komando Sentral AS.

Satuan Tempur 60 biasanya akan menjadi komandan Angkatan Laut Satuan Tempur Eropa dan Afrika. Setiap unit angkatan laut dalam USEUCOM atau USAFRICOM AOR dapat ditugaskan untuk Satuan Tempur 60 yang diperlukan saat ada sinyal dari Komandan Armada Keenam. Dan ada Gabungan Satuan Tempur Bersama – Tanduk Afrika yang sebelumnya dikomandani Mayor Jenderal Ralph Baker.

Para Komandan Tempur AFRICOM memberi laporan kepada Menteri Pertahanan AS yang kemudian dilaporkan kepada Presiden AS. Di masing-masing negara, Duta AS tetap menjadi wakil pribadi Presiden AS dalam hubungan diplomatik dengan negara-negara tuan rumah. (T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply