LEMBAGA PRCF SELENGGARAKAN LAYANAN KESEHATAN DI GAZA

Gaza City, 28 Jumadil Awal 1434/9 April2013 (MINA) – Lembaga Internasiaonal untuk anak Palestina (Palestinian Relief Children Fund/ PRCF) pada Kamis (7/4) lalu secara resmi membuka layanan kesehatan untuk anak-anak di kota Gaza.

Kepala Kardiologi Rumah Sakit Oakland, California, Dr Ziad Saba yang memimpin misi kemanusiaan tersebut sudah mulai memberikan layanan kepada anak-anak di Rumah Sakit Khan Younis, Gaza. PRCF melaporkan dalam situs resminya seperti dipantau Mi’raj News Agency (MINA) di Jakarta.

“Ini adalah bagian dari upaya PCRF untuk memberikan layanan pengobatan langsung untuk anak-anak di Gaza,korban serangan Israel, terutama yang terserang penyakit jantung,” ungkap PRCF.

Dalam keterangan resminya PRCF menyatakan bahwa institusi ini adalah lembaga independen non-profit yang berfokus pada pelayanan kesehatan untuk anak-anak di Palestina dan negara-negara lain di Timur-Tengah.

Lembaga ini terbentuk atas kerjasama para dokter di Amerika Serikat (AS) dan Inggris yang peduli dengan misi kemanusiaan terutama di daerah-daerah konflik di Palestina dan negara-negara sekitarnya. PRCF didirikan pada tahun 1991 lalu.

Dr Saba telah beberapa kali memimpin beberapa misi kemanusiaan di Palestina. PCRF telah berhasil membantu puluhan anak Palestina. Sebelumnya PRCF juga melaksanakan misinya di Ramallah, Haifa dan beberapa wilayah lain di Palestina.

Dr Ziad Saba adalah seorang kepala kardiologi pediatrik di Rumah Sakit Anak Oakland, California, AS. Ia juga menjadi direktur di laboratorium kateterisasi rumah sakit tersebut sejak tahun 1997. Saba adalah lulusan dari Universitas Duke, jurusan pediatri dan pediatrik kardiologi dan merupakan dokter senior di Rumah Sakit Anak Boston di bidang kardiologi intervensi.

Dia adalah anggota dari Ikatan dokter anak Amerika (American Academy of Pediatrics) dan American College of Cardiology. Dr Saba mulai menjalankan misi kemanusiaannya ke Palestina sejak tahun 1999.

Pada 20 Maret 2007, Dr Ziad Saba, kepala kardiologi pediatrik di Rumah Sakit Anak Oakland di California, dan Dr Alistair Cranston, ahli anestesi di Rumah Sakit Anak Birmingham di Inggris mulai memperlakukan anak-anak Palestina dengan diseaes jantung di laboratorium Kateterisasi Ramallah di Tepi Barat.

Pada tahun 2006, Dr Ziad Saba pergi ke Beirut, Lebanon untuk menangani pengungsi Palestina di kamp-kamp pengungsi di kota tersebut. Ia berhasil membuat kerjasama dengan beberapa rumah sakit di sana untuk memberikan bantuan peralatan medis apabila di rumah sakit Palestina tidak memilikinya.

Partner seperjuangan Dr Saba adalah Dr. Alistair Cranston, dari rumah sakit Birmingham, Inggris. Mereka beberapa kali berada dalam satu tim dalam misi kemanusiaan untuk menolong warga Palestina yang terjajah. (T/P04/P03/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply