MALAWI BUKA UNIVERSITAS ISLAM PERTAMA DI NEGARANYA

Kairo, 21 Jumadil Akhir 1434/30 April 2013 (MINA) – Menteri Pekerjaan Umum dan Transportasi Malawi, Sidik Mia mengumumkan Senin di Mangochi Boma, Malawi membuka sebuah universitas Islam pertama di negara itu.

Universitas tersebut bertujuan mempromosikan pendidikan modern di kalangan umat Islam khususnya di Malawi dan mengurangi penyerbuan ke suatu universitas serta diperuntukkan mahasiswa yang tertarik mempelajari Islam.

“Kita semua memiliki tujuan yang sama untuk melihat Malawi sebagai negara berkembang dan melalui kepemimpinan yang tepat, ini adalah mungkin,” kata Mia seperti dikutip On Islam yang dipantau MINA.

“Pemimpin perlu mendukung kami,” tegas Mia pada pertemuan dengan para pemimpin Muslim di salah satu masjid wilayah Mangochi Boma.

Lembaga pendidikan Islam baru itu akan menyambut pelajar yang memiliki minat dalam Islam, menawarkan mereka kesempatan untuk mendapatkan gelar dalam studi Islam.

Rencananya universitas Islam itu akan diluncurkan segera dengan mendapat dukungan dari salah satu lembaga bantuan di Kuwait.

Saat ini, di Malawi ada beberapa gereja yang mengelola universitas, di antaranya Perguruan Tinggi Bibel Afrika, Universitas Livingstonia yang dimiliki oleh Gereja Afrika Tengah Presbytery, Universitas Seventh Day Adventist, dan Universitas Catholic.

Terdapat tiga universitas negeri di negara itu.

Sebagai negara yang mengalami lonjakan tinggi bagi oeang yang ingin menimba ilmu, pembukaan universitas Islam akan membantu meringankan masalah itu.

Perlu bantuan

Dalam pertemuan dengan para pemimpin Muslim Malawi itu, Mia juga mendesak umat Islam untuk menyadari pentingnya membantu pertumbuhan Islam dan memberikan bantuan bagi yang membutuhkan.

“Saya menyerukan kepada masyarakat Muslim untuk membantu merangkul semangat orang miskin,” kata Mia, yang juga merupakan Wakil Presiden Partai Rakyat Malawi.

Sebagai contoh, Mia memberikan sumbangan dana sebesar lebih dari 2,5 juta Kwacha (satuan mata uang Malawi) untuk membangun proyek-proyek blok sekolah tambahan di sekolah dasar di bawah pengelolaan masjid wilayah Mangochi Boma.

Sebagai Wakil Presiden Asosiasi Dewan Muslim Malawi, Mia juga menyumbangkan uang bagi proyek pembangunan di Masjid Mathanjesi, Mangochi Boma.

Islam adalah agama terbesar kedua di negara Afrika Selatan setelah agama Kristen.

Statistik resmi menunjukkan populasi Muslim sebesar 12 persen dari 12 juta penduduk di negara itu. (T/P09P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply