MENAG RI HIMBAU UMAT ISLAM BANTU MUSLIM ROHINGYA

Jakarta, 13 Jumadil Akhir 1434/23 April 2013 (MINA) – Menteri Agama (Menag) RI, Suryadharma Ali menghimbau umat Islam agar membantu Muslim Rohingya yang sedang ditindas dan juga menyatakan keprihatinannya terhadap kasus kemanusiaan yang menyebabkan umat Islam di wilayah tersebut terusir dan kehilangan tempat tinggal.

“Kami sangat prihatin atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Rohingya, Myanmar. Hal itu harus segera diselesaikan dan umat Islam dimanapun mereka berada harus membantu saudaranya di Rohingya,” ungkap Menag dalam sambutan Konferensi Internasional tentang Islam, Peradaban, dan Perdamaian di Jakarta, Selasa (23/4).

Dalam konferensi itu diharapkan dapat melahirkan gagasan-gagasan yang brilian untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran umat Islam. Dari gagasan itu akan melahirkan program-program nyata dan berkelanjutan yang akan di realisasikan oleh umat Islam.

Konferensi tersebut adalah kerjasama kementerian Agama RI dengan Kementerian Waqaf dan Urusan Islam Kerajaan Yordania. Hadir dalam konferensi itu para duta besar dari negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Irak, Palestina, dan lainnya termasuk Menteri Wakaf dan Urusan Islam Kerajaan Yordania, Abdul Salam Al-Abadi.

Muslim Rohingya mengalami pelecehan kemanusiaan paling tragis dari ekstremis Buddha Myanmar yang tidak menginginkan Muslim Rohingya ada di negara Myanmar. Mereka mengalami kekerasan dan pengusiran dari tempat tinggal mereka sendiri dan harus memilih jalan keluar dengan berlayar mengarungi laut mencari perlindungan di negara lain.

Sampai saat ini, kasus pelecehan hak asasi manusia di Rohingya masih belum bisa terselesaikan meskipun banyak pihak yang sudah mendesak PBB menyelesaikan masalah tersebut. (L/P01/P04/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply