MENHAN AS BAHAS IRAN DAN SURIAH DI MESIR

Kairo,  16 Jumadil Akhir 1434/25 April 2013 (MINA) – Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Chuck Hagel tiba di Kairo pada Rabu (24/4) untuk membahas konflik Suriah dan Iran, kata sumber-sumber pejabat Mesir.

“Hagel bertemu dengan para pejabat militer dan sipil selama kunjungannya ke Mesir yang merupakan bagian dari  kunjungan regional lima negara,” kata seorang pejabat Mesir yang tidak  mau disebutkan namanya sebagaimana Turkish Weekly melaporkan.

Setelah tiba di Kairo, Hagel bertemu dengan Menteri Pertahanan Mesir dan Presiden Muhammad Mursi. Para  petinggi itu membahas hubungan pertahanan antara kedua negara serta transisi Mesir setelah penggulingan mantan presiden Husni Mubarak pada 2011.

Tur ini merupakan kunjungan pertama Hagel ke Timur Tengah sejak menjadi kepala Pentagon sekitar dua bulan lalu. Hagel telah mengunjungi Israel, Yordania, dan Arab Saudi. Selanjutnya, Hagel juga akan mengunjungi Uni Emirat Arab.

Hagel mengatakan pada Selasa (23/4), persekutuan harus tetap “lebih dekat daripada sebelumnya” sebagaimana tantangan di Timur Tengah menjadi lebih rumit. Pernyataan ini muncul setelah Hagel bertemu Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu selama kunjungan pertamanya ke Israel.

Kunjungan tersebut menyusul datangnya pengumuman dari AS terkait dengan mereka akan mengizinkan penjualan sebesar $ 10 milyar senjata canggih ke Israel, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.(T/P03/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Leave a Reply