MENTERI AGAMA RI : UMAT ISLAM BERPOTENSI UNTUK CAPAI KEJAYAAN

Menteri Agama RI, Suryadharma Ali menyampaikan sambutan dalam pembukaan Konferensi Internasional tentang Islam, Peradaban, dan Perdamaian di Jakarta, Selasa (23/4). (Foto : MINA)

Jakarta, 13 Jumadil Akhir 1434/23 April 2013 (MINA) – Menteri Agama RI, Suryadharma Ali mengatakan, umat Islam mempunyai semua potensi, baik sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) untuk mencapai kejayaannya.

 “Umat Islam saat ini mempunyai semua potensi baik barupa SDM maupun SDA untuk dapat mencapai puncak kejayaan dan memimpin peradaban dunia seperti yang telah diraih para sahabat Nabi Muhammad SAW kala itu,” ungkap Suryadharma dalam acara pembukaan “Konferensi Internasional tentang Islam, Peradaban, dan Perdamaian” di Jakarta, Selasa (23/4).

Menurut Suryadharma, Islam pernah menjadi pemimpin peradaban, padahal pada waktu itu mereka hidup di tanah yang tandus dengan SDA yang terbatas. Tetapi, berkat kegigihan dan ketekunan, mereka mampu mengalahkan peradaban Romawi dan Persia yang memiliki SDA lebih unggul dari Muslimin.

“Para sahabat Nabi Muhammad SAW mampu menjadi kampiun peradaban meskipun mereka hidup di tanah yang tandus dengan SDA yang terbatas. Tapi mereka mampu menunjukkan kepada dunia bahwa dengan semangat juang yang tinggi, mereka mampu menjadi yang terdepan dan melampaui Romawi dan Persia walaupun keduanya memiliki SDA yang lebih unggul,” katanya.

Suryadharma juga menekankan kepada Muslimin, untuk mencapai kejayaan itu, mereka harus konsisten dalam melaksanakan ajaran agama dan menegakkkan persatuan umat Islam sedunia.

“Untuk mencapai kejayaan itu, kita harus konsisten dalam melaksanakan ajaran agama kita dan menegakkan persatuan di kalangan umat Islam sedunia, seperti yang telah dicontohkan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW waktu itu,” tegasnya lagi.

Dalam konferensi itu diharapkan dapat melahirkan gagasan-gagasan yang brilian untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran umat Islam. Dari gagasan itu akan melahirkan program-program nyata dan berkelanjutan yang akan di realisasikan oleh umat Islam.

Konferensi tersebut adalah kerjasama kementerian Agama RI dengan Kementerian Waqaf dan Urusan Islam Kerajaan Yordania. Hadir dalam konferensi itu, para duta besar dari negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Irak, Palestina, dan lainnya termasuk Menteri Wakaf dan Urusan Islam Kerajaan Yordania, Abdul Salam Al-Abbadi.(L/P01/P04/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply