TUJUH BELAS TEWAS DALAM PERTEMPURAN DI TIMUR LAUT NIGERIA

Abuja, Nigeria, 20 Jumadil Akhir 1434/30 April 2013 (MINA) – Pejabat militer Nigeria mengatakan, Senin (29/4), setidaknya tujuh belas orang tewas dalam pertempuran antara pasukan militer Nigeria dan kelompok bersenjata tak dikenal di timur laut negara itu.

Menurut laporan Press TV yang dikutip MINA, pertempuran itu terjadi di Bama, sebuah kota di negara bagian Borno, timur laut Nigeria, di mana gerilyawan telah memerangi pemerintah sejak 2010.

Letkol A.G. Laka mengatakan, pertempuran menewaskan sedikitnya tujuh petugas polisi dan 10 gerilyawan.

Belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan Senin itu, namun pihak berwenang biasanya menuding gerakan perlawanan Boko Haram atas serangan tersebut.

Beberapa hari sebelumnya, Kamis (25/4), sebuah serangan kelompok perlawanan di Nigeria Utara menyerbu beberapa kantor polisi yang menewaskan 25 orang dan mencuri hampir $ 60.000 dari bank.

“Lima polisi dan 20 pria bersenjata telah dikonfirmasi tewas ketika beberapa orang dari kelompok Boko Haram menyerang polisi di kota Gashua,” kata komisaris polisi negara Yobe, Sanusi Rufai seperti dikutip Modern Ghana, Jum’at (26/4).

Selain penyerbuan terhadap polisi yang menjadi target umum gerakan perlawanan, Rufai mengatakan pria bersenjata juga merampok bank dan membawa pergi sembilan juta naira ($ 57.000/€ 44.000) dan dua kendaraan.

Kelompok gerakan perlawanan telah mengaku bertanggung jawab atas sejumlah serangan senjata dan bom mematikan di berbagai wilayah Nigeria sejak 2009.

Organisasi hak asasi manusia melaporkan bahwa tindak kekerasan oleh militer dan kelompok perlawanan sejak 2009 telah menewaskan lebih dari 1600 orang, termasuk lebih dari 900 dalam sepuluh bulan pertama tahun 2012. (T/P09/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply