PAKISTAN KUTUK SERANGAN DRONE AS DI WAZIRISTAN

Islamabad, 7 Jumadil Akhir 1434/16 April 2013 (MINA) – Pakistan mengutuk keras serangan pesawat tanpa awak AS yang baru-baru ini menewaskan beberapa orang di wilayah Waziristan, dekat perbatasan Afghanistan, demikian menurut laporan PressTV yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Kementrian Luar Negeri Pakistan mengeluarkan pernyataan pada Senin (15/4) yang menyebutkan bahwa serangan sepihak tersebut bertentangan dengan Hukum Internasional dan sangat berbahaya bagi stabilitas negara tersebut.

Dalam pernyataan tersebut, pemerintah Pakistan juga menambahkan bahwa serangan pesawat tanpa awak tersebut telah mencederai kedaulatan negara dan integritas teritorial Pakistan.

Pemerintah Pakistan juga meminta para pejabat Amerika menghentikan serangan tersebut guna menghormati kedaulatan Pakistan dan juga norma-norma internasional yang telah ditentukan.

Pada Ahad (14/4), sebuah pesawat tanpa awak AS telah menembakkan dua rudal di sebuah rumah di daerah Datta Khel yang terletak sekitar 35 kilometer (22 mil) di sebelah barat kota Miranshah, Waziristan Utara. Para petugas setempat mengatakan rumah tersebut hancur dalam serangan itu dan sedikitnya menewaskan empat orang.

Wilayah terpencil di Pakistan sering mendapat serangan dengan dalih bahwa AS mencari persembunyian kelompok militan di wilayah tersebut. Namun, fakta yang ada dengan jelas menunjukkan bahwa warga sipil menjadi korban utama.

Pembunuhan warga sipil Pakistan, termasuk perempuan dan anak-anak, telah memanaskan hubungan antara Islamabad dan Washington.

Pada 7 Januari, delapan orang tewas dalam serangan serupa di desa Haiderkhel di distrik Miranshah di Waziristan Utara. Sebelumnya 16 orang juga telah tewas dalam serangan yang terjadi di Waziristan Selatan sehari sebelumnya.

Sementara itu pada 22 Januari lalu, Menteri Luar Negeri Pakistan Hina Rabbani Khar mengatakan Islamabad akan mempermasalahkan serangan tersebut dengan Washington dan duta besarnya di Pakistan.

Biro Investigasi Jurnalisme yang berbasis di London mengatakan dalam sebuah laporannya pada Februari bahwa Amerika Serikat telah melakukan lebih dari 360 serangan pesawat tanpa awak di Pakistan sejak 2004 dan menewaskan hampir 3.500 orang. (T/P01/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply