PELAJAR INDONESIA DI BELANDA PEDULI BANGSA

     Tilburg, 9 Jumadil Akhir 1433/19 April 2013 – Meski raga tak menginjak bumi Indonesia namun para pelajar yang terhimpun sebagai satu komonitas yang disebut Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Belanda membuktikan kepedulian mereka terhadap nasib bangsa Indonesia dengan menggelar “Klik Festival Media PPI Belanda” yang akan menghadirkan Bj Habibi pada acara puncak malam penganugrahan Klik! Awards pada Sabtu, (20/4) di Tilburg, Netherlands-Belanda.

     “Kami adalah pelajar-pelajar yang sedang berada di tanah Eropa tidak pernah lupa darimana kami berasal. Kami punya kewajiban dan tanggung jawab lebih sebagai orang terpelajar, tidak hanya sekedar mencari kompetensi untuk diri kami sendiri tetapi juga menyumbangkan ilmu dan hasil pemikiran kami kepada masyarakat di Indonesia agar menjadi semakin lebih baik,” kata Alfonso Danielsaut ketua panitia Klik! mengatakan dalam situs PPI Belanda yang dikutip MINA.

     Menurut Rihan Handaulah salah satu partisipan dalam kegiatan ini mengatakan kepada Mi’raj News Agency (MINA) latar belakang diadakan acara ini adalah menyadarkan kepada pemuda Indonesia yang skeptis terhadap kemajuan Indonesia terkhusus dalam bidang perekonomian.

    “Kami ingin mengajak seluruh pemuda Indonesia untuk bangun dari tidurnya yang terlelap dan mengubah sikap skeptis terhadap kemajuan Bangsa Indonesia,” katanya.

     Alfonso berharap, “Semoga program KLIK! Ini dapat menjadi wadah kreatifitas bagi pelajar-pelajar Indonesia di Belanda dan tidak hanya itu, tetapi juga memberi pesan melalui sebuah pergerakan kecil,  yang menginginkan adanya perubahan lebih baik untuk Indonesia.

     Acara yang diikuti oleh 150 peserta dari seluruh pelajar Indonesia, baik yang ada di luar maupun di Indonesia sendiri ini juga diikuti oleh mahasiswa asing lainnya.

     Setelah kegiatan ini, PPI Belanda juga akan mengadakan kegiatan Konferensi Internasional Pembangunan Indonesia (International Conference on Indonesian Development/ICID) Belanda yang akan diselenggarakan pada 12-14 September, 2013 di Institute of Social Studies (ISS), Erasmus University, Hague, Belanda, yang juga diketuai oleh Rihan Handaulah.

     Konferensi ini akan menjadi forum utama untuk sarjana muda dan peneliti dari berbagai disiplin ilmu yang memiliki minat dalam studi pembangunan Indonesia untuk berbagi hasil penelitian dan mendiskusikan topik-topik kontemporer mengenai pembangunan ekonomi berbasis pengetahuan.(L/P08/R2).

Mi’raj News agency (MINA)

 

Leave a Reply