PESAWAT NATO TEWASKAN 10 ANAK-ANAK AFGHANISTAN

Kabul, 27 Jumadil Awal 1434/7 April 2013 (MINA) – Serangan pesawat NATO hari Sabtu (6/4) di provinsi Kunar , Afghanistan Timur, dilaporkan menewaskan 12 warga sipil,10 anak-anak dan dua wanita, seperti yang dilansir BBC yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA).

Sebanyak enam wanita diyakini telah terluka dalam insiden di distrik Shigal tersebut. Namun pihak NATO mengatakan tidak menerima laporan kematian warga sipil

Penduduk desa dan pejabat mengatakan kepada BBC bahwa korban berada dalam rumah saat mereka meninggal.

Seorang pejabat setempat mengatakan delapan gerilyawan juga tewas dalam serangan udara itu. Dia mengatakan serangan dikerahkan untuk mendukung operasi besar Amerika Serikat (AS) dan pasukan pemerintah Afghanistan yang menargetkan komandan senior Taliban.

Ketua suku setempat, Haji Malika Jan mengatakan kepada BBC, “Pertempuran dimulai kemarin pagi (Sabtu) dan berlanjut setidaknya tujuh jam. Daerah ini sangat dekat dengan perbatasan Pakistan dan ada ratusan pejuang lokal dan asing, terutama Pakistan, di daerah.”

Dalam sebuah pernyataan, pimpinan NATO, International Security Assistant Force (ISAF) mengatakan bahwa insiden di provinsi Kunar itu adalah pertempuran yang melibatkan pasukan Afghanistan dan koalisi dengan gerilyawan.

“Tidak ada personil ISAF yang terlibat di lapangan, tapi ISAF memberikan tembakan dukungan dari udara, menewaskan beberapa gerilyawan. Kami juga menerima laporan beberapa warga sipil terluka saat pertunangan, tetapi tidak ada laporan kematian warga sipil, kami sedang menyelidiki insiden itu,” kata pihak NATO.

Pasukan internasional sedang bersiap menarik diri dari Afghanistan akhir 2014. Kematian warga sipil dalam operasi militer Barat telah menjadi sumber gesekan antara pemerintah Afghanistan yang dipimpin oleh Hamid Karzai dengan AS dan sekutu NATO-nya.(T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply