MUSLIM INDIA DESAK PBB TANGANI MUSLIM ROHINGYA

Myanmar, 29 Jumadil Awal 1434/10 April 2013 (MINA) – Presiden All India Muslim Majlis Mushawwarat (AIMMM) mendesak PBB untuk segera campur tangan dan menekan pemerintah Myanmar untuk menghentikan penganiayaan terhadap minoritas Muslim Rohingya dan untuk menemukan solusi damai berkeadilan. Demikian berita yang dilansir ABNA yang diterima Mi’raj News Agency (MINA).

Presiden AIMMM, Dr. Zafrul Islam Khan mengatakan, “Akar masalahnya adalah sikap rasis dari pemerintah Myanmar yang tidak mengenali mereka sebagai warga negara sendiri. Sebagai hasilnya, kekejaman yang dilakukan pada Muslim  Rohingya tampaknya direncanakan, dan terorganisir. Keterlibatan pemerintah Myanamr dalam pertumpahan darah dan kehancuran tidak dapat dikesampingkan.”

Pemerintah Myanmar telah sistematis menganiaya Muslim Rohingya selama bertahun-tahun, pengupasan mereka dari hak-hak dasar dan menundukkan mereka untuk kemiskinan dan penindasan.

Zafrul lebih lanjut mengatakan, sangat disayangkan bahwa kemenangan hak asasi manusia selalu sangat memprihatinkan agama minoritas yang tinggal di negara-negara Muslim dan selalu siap untuk mengambil tindakan yang tidak benar, bisu atas kekerasan dan penindasan yang dilakukan terhadap kaum Muslim di Myanmar.

Suu Kyi mengkritisi keheningan pada nasib Muslim Rohingya, ia mendesak kepribadian terkenal dunia untuk memecah keheningannya mengenai masalah ini sebagai bagian dari perjuangannya untuk demokrasi.

Pemimpin Muslim India menyarankan bahwa untuk menyelamatkan nyawa tak berdosa Muslim di Myanmar dari kejahatan keji kemanusiaan, sanksi harus dikenakan pada Myanmar.

Zafrul Islam juga mengimbau kepada Pemerintah India dan negara-negara Muslim untuk menggunakan pengaruh mereka terhadap Pemerintah Myanmar untuk menghentikan pembunuhan dan melindungi kehidupan dan hak-hak Muslim Rohingya.(T/P014/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply