PRESIDEN PERANCIS AKAN KUNJUNGI MAROKO

Presiden Perancis, Francois Hollande

Rabat, 20 Jumadil Awal 1434/1 April 2013 (MINA) – Presiden Perancis, François Hollande, dan istrinya, Valérie Trierweiler, akan melakukan kunjungan resmi ke Maroko pada 3 dan 4 April, rilis Kantor Berita Nasional Maroko, MAP.

Kunjungan resmi Perancis ini bertujuan untuk memperkuat intervensi militer Perancis terhadap kelompok-kelompok ekstremis militan untuk merebut kembali bagian utara Mali.

Perancis mengirimkan pasukannya ke Mali dengan dalih membantu negara di tanduk Afrika tersebut untuk menghentikan pergolakan yang terjadi di wilayah Timbuktu, Mali.

Kunjungan kenegaraan tersebut juga merupakan kesempatan untuk memperkuat ikatan persahabatan yang kuat antara kedua negara persaudaraan dan untuk menyoroti kemitraan yang telah lama terjalin antara kedua negara tersebut.

Dalam kesempatan ini, kedua kepala negara akan membahas isu-isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama, terutama perang yang sedang berlangsung di Mali dan ancaman keamanan di wilayah Sahel.

Konflik di wilayah Sahara tersebut kemungkinan akan dibahas dalam kaitannya dengan perkembangan terbaru yang terjadi di lapangan, terutama rencana Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) yang akan menyelenggarakan sidang tahunannya untuk memperpanjang mandat Minurso.

Pertamuan ini bukan pertemuan pertama antara pemimpin kedua negara tersebut. Raja Mohammed VI sebelumnya juga mengadakan kunjungan pribadi ke Perancis pada Mei 2012, dan menjadi kepala negara pertama yang disambut oleh Hollande di istana kepresidenan sejak resmi menjabat sebagai presiden untuk kedua kalinya pada tanggal 15 Mei 2012. (T/P01/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply