RUSIA DAN MESIR NYATAKAN DUKUNGAN PERDAMAIAN DI SURIAH

Presiden Russia, Vladimir Putin (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Mesir, Muhamad Mursi dalam pertemuan yang membahas solusi perdamaian Suriah di Sochi, Russia, Jum’at (19/4). (Foto : PressTV)

Sochi, Rusia, 10 Jumadil Akhir 1434/20 April 2013 (MINA) – Rusia dan Mesir menyatakan dukungannya mengenai gencatan senjata di Suriah dan akan mengadakan dialog antara pemerintah dan oposisi untuk membantu menyelesaikan krisis di negara Arab tersebut.

“Rusia dan Mesir mendukung gencatan senjata dan negosiasi damai di Suriah sesegera mungkin antara pemerintah Suriah dan oposisi,” ungkap Presiden Rusia, Vladimir Putin setelah bertemu dengan Presiden Mesir, Muhamad Mursi di Sochi, Rusia Jumat (19/4), rilis PressTV yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Kedua pemimpin tersebut menyerukan solusi damai kerusuhan yang sedang berlangsung di Suriah. Mereka juga menolak adanya campur tangan asing dalam konflik yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun tersebut.

”Kami sedang mencari solusi yang akan membantu untuk menyelesaikan krisis sesegera mungkin. Masalah ini merupakan prioritas utama dalam agenda kami,” ujar Presiden Mursi setelah pertemuan itu.

Suriah telah mengalami kerusuhan sejak Maret 2011 dan mengakibatkan banyak orang telah tewas selama konflik tersebut.

Wakil untuk Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan PBB Valerie Amos, dan Komisaris Tinggi untuk Pengungsi Antonio Guterres, pada 18 April lalu mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB, seperempat dari 22 juta warga Suriah terlantar di dalam negeri dan sekitar 1,3 juta lainnya telah melarikan diri dari mencari perlindungan ke luar negeri. (T/P01/P02).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply