SEKOLAH MUSLIM SWASTA DI PERANCIS MENDAPAT PERINGKAT NASIONAL

Paris, 26 Jumadil Awal 1434/7 April 2013 (MINA) – Dedikasi dan kerja keras dari para siswa di Sekolah Muslim swasta mendapat peringkat sekolah pertama di tingkat daerah, dan tiga besar di tingkat nasional di Perancis. Demikian berita yang dilansir ABNA yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA).

Menurut harian Prancis le Monde, Sabtu (6/4), Sekolah Tinggi Islam Averroes dianggap sebagai salah satu institusi pendidikan yang telah berhasil membuat jalan, di samping sekolah tinggi lain, dalam daftar bangsa institusi menyediakan pendidikan yang berkualitas baik.

Di tengah kecaman internasional yang keras bahwa Prancis telah menerima kebijakan yang ketat pada sekularisme, sementara rumah bagi penduduk Muslim terbesar di Eropa, Sekolah Tinggi Islam Averroes, telah menjadi salah satu langkah penting dalam memikirkan kembali sikap Prancis terhadap Islam pada khususnya, dan kebebasan beragama pada umumnya.

Setelah dimulai dengan hanya 11 siswa setelah diresmikan pada tahun 2003, sekolah swasta Perancis Muslim pertama telah berkembang sejak saat itu dan mencapai 330 siswa.

Tidak seperti sekolah-sekolah tinggi lainnya di Perancis, di mana sebagian besar siswa enggan untuk mengambil kelas mereka secara serius, kebalikan dari Sekolah Tinggi Islam Averroes, mereka lebih serius dalam belajar.

Di sisi lain, kualitas pendidikan di sekolah umum Perancis belum berkembang secara paralel dengan kebutuhan orang tua di Perancis sebanyak pendidikan swasta yang telah berhasil melakukannya.

Dalam sebuah laporan Le Monde harian terkemuka Perancis, Amar Lasfar, rektor masjid Lille dan ketua dari sekolah Averroes, mengatakan bahwa sejak hari pertama ada 34 wartawan, termasuk satu dari Jepang, 11 siswa dan 19 guru. Ditanya tentang rahasia di balik kesuksesan sekolahnya, Lasfar mengatakan kepada Le Monde, “Memiliki keyakinan bukan iman tentu harus beragama, tetapi percaya pada hal ini.”

Averroes juga terbuka untuk non-Muslim, yang merupakan sekolah di bawah kontrak dengan pemerintah, telah dipuji oleh orang tua, siswa dan staf untuk menyambut suasana dan komitmen yang serius untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas bagus untuk mahasiswa.(T/P014/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply