SERANGAN DRONE AS TEWASKAN 5 WARGA YAMAN

Sana’a, 7 Jumadil Akhir 1434/18 April 2013 (MINA) – Sedikitnya lima orang tewas dalam dua serangan pesawat tanpa awak (drone) AS di dekat ibukota Yaman, Sana’a pada Rabu (17/4).

Menurut seorang petugas keamanan Yaman, serangan itu terjadi di daerah pegunungan di selatan ibukota pada hari Rabu, demikian lapor PressTV yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Empat korban tewas dalam serangan pertama terhadap kendaraan yang mereka tumpangi di daerah gurun Oussab al-Ali, sekitar 140 kilometer (90 mil) selatan Sana’a, kata seorang petugas yang tidak mau disebutkan namanya.

Sementara itu korban kelima, yang diidentifikasi sebagai Hamed Radman, tewas setelah rumahnya dihancurkan oleh drone tersebut.

Seorang saksi, yang tinggal di sebuah desa di dekatnya, mengatakan ia melihat asap mengepul dari rumah Hamed setelah dua ledakan. Dia menambahkan bahwa drone AS selama tiga hari terakhir telah terbang di atas desa dan bahwa mereka masih di langit.

Selama beberapa tahun terakhir, Amerika Serikat meluncurkan sejumlah serangan pesawat tanpa awak di Yaman yang menewaskan banyak warga sipil tak berdosa.

Washington mengklaim serangan udara tersebut menargetkan para militan yang diduga bersembunyi, namun sumber-sumber setempat mengatakan warga sipil telah menjadi korban utama dari serangan udara tersebut.

AS sangat menggebu ingin meningkatkan serangan pesawat tak berawak di negara-negara Arab.

Masyarakat Yaman telah mengadakan banyak demonstrasi untuk mengutuk pelanggaran Amerika Serikat terhadap kedaulatan nasional mereka. (T/P01/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply