SPANYOL DIRIKAN KANTOR PERWAKILAN KONSULER DI GAZA

Paris, 16 Jumadil Akhir 1434/25 April 2013 (MINA) – Kementrian Luar Negeri Spanyol memutuskan untuk membuka kantor perwakilan konsuler di Gaza, karena kebutuhan mendesak keberadaan kantor tersebut. Ini akan menjadi afiliasi dari Konsulat Jenderal Spanyol di Yerusalem.

Kementerian telah menerima permintaan yang diajukan oleh Konsulat Jenderal di Yerusalem pada 14 Maret, “Untuk memperkuat keberadaan konsulat di Jalur Gaza,” menurut publikasi pemerintah Spanyol. Dilansir situs Middle East Monitor (MEMO) seperti dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Dirjen Konsuler, Imigrasi dan Departemen Mediterania, Maroko dan Urusan Afrika di Kementerian Luar Negeri Spanyol mendukung permintaan tersebut, dan atas dasar ini Menteri Luar Negeri Jose Manuel Garcia Margallo memutuskan untuk mendirikan kantor representif untuk menjadi afiliasi dari Konsulat di Yerusalem yang diduduki.

Garcia menjelaskan bahwa kantor perwakilan akan dikategorikan sesuai dengan pasal IX dari Konvensi WINA tentang hubungan konsuler, ditandatangani pada tanggal 24 April 1963, dan itu akan menjadi konsul kehormatan.

Sementara itu, Menteri Spanyol akan mengunjungi Yerusalem, Israel telah berusaha membahas masalah tersebut dengan Menteri Luar Negeri spanyol dan menekannya untuk mempertimbangkan keputusan serta dampaknya.

Spanyol adalah salah satu dari 12 negara Eropa yang mendukung naiknya upgrade status Palestina menjadi Negara peninjau non-anggota PBB, hal tersebut yang menimbulkan kemarahan Israel. (T/P013/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply