SURYADHARMA ALI: ISRAEL HARUS BERI KEMERDEKAAN PADA PALESTINA

Menteri Agama RI, Suryadharma Ali pada Konferensi Internasional tentang Islam, Peradaban, dan Perdamaian di Jakarta, Rabu (24/4). (MINA)

Jakarta, 15 Jumadil Akhir 1434/25 April 2013 (MINA) – Menteri Agama Suryadharma Ali menegaskan sikap Indonesia bahwa Israel harus memberikan kemerdekaan untuk bumi Palestina.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Suryadharma Ali kepada Mi’raj News Agency (MINA), seusai acara penutupan konferensi Islam international untuk perdamaian dan peradaban, di Jakarta (24/4).

“Sikap indonesia jelas, Israel harus memberikan kebebasan kepada bangsa Palestina, dan memberikan hak-hak hidup yang bebas dan merdeka untuk menentukan nasibnya sendiri” ungkapnya.

Menurutnya, walaupun pada konferensi tersebut tidak dibahas secara khusus, akan tetapi Ali menegaskan Konferensi tersebut juga memberikan perhatian khusus terhadap Islam minoritas di berbagai negara, seperti permasalahan Rohingya dan seterusnya.

“Konferensi tersebut menegaskan kembali sikap Islam yang penuh dengan semangat perdamaian dan semangat untuk membangun kehidupan yang harmonis antara sesama umat manusia di Dunia pada umumnya dan khususnya sesama umat islam” tegasnya.

konferensi itu diharapkan akan melahirkan pesan-pesan perdamaian kepada masyarakat internasional.

Selanjunya Ali menjelaskan bahwa Konferensi tersebut telah menghasilkan kesepakatan-kesepkatan dalam Dunia Islam demi membangun kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

“Kesepakatan juga diperoleh mengenai program-program yang akan digulirkan, berkaitan dengan pendikikan, ekonomi islam, perbankan, termasuk penjajakan untuk membangun bank perwakafaan international” jelasnya.

Turut hadir dalam konferensi tersebut, para duta besar negara-negara Timur Tengah dan Asia Tenggara, dan terlihat antusias dari cendikiawan-cendikiawan muslim akan terselenggaranya konferensi tersebut.

Para peserta konferensi berharap konferensi tersebut bisa diadakan dua tahun sekali, dengan penyelenggara tetap Indonesia dan kerajaan Yordania, mengenai tempat pelaksanaan bisa di Yordania atau di indonesia. (L/P01/P04/P015/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply