SYEIKH AL AZHAR PECAT REKTOR TERKAIT KASUS KERACUNAN MAHASISWA

Kairo, 23 Jumadil Awal 1434/3 April 2013 (MINA) – Syeikh Al-Azhar, Ahmad Thayyib, memecat Rektor Universitas Al-Azhar Usamah El-Abd dan ketiga pembantu Rektornya, Rabu (3/4). Upaya itu dilakukan dalam rangka memenuhi tuntutan mahasiswa yang berdemo.

Menurut laporan koresponden Mi’raj News Agency (MINA) di Kairo, Dany Noveri mengatakan, Ahmad Thayyib akan melaksanakan pelantikan baru beberapa hari kedepan untuk mengganti Usamah dan tiga orang lainnya.  Mahasiswa Al Azhar melakukan aksi protes sejak Selasa malam (2/4) dalam kasus keracunan makanan yang menimpa puluhan mahasiswa Mesir  setelah makan di kantin langganan mereka.

“Para mahasiswa keracunan makanan setelah menyantap makan siang di kantin yang khusus disediakan universitas untuk mereka. Kemarin, presiden Mursi menjenguk pelajar-pelajar Al-Azhar yang keracunan makanan itu dilokasi dimana mereka tinggal yaitu di Iskan Tullab, dan Madinah Nasr,” kata Dany.

Hingga kini, insiden yang membuat sekitar 500 mahasiswa dilarikan ke rumah sakit Ta’amin Sihhi itu masih dalam penyelidikan polisi setempat terkait ada tidaknya unsur kesengajaan.

“Semalam, mereka berkumpul di hadapan asrama pelajar guna menuntut turunnya ketua asrama, Rektor Al-Azhar dan Syeikh Al-Azhar karena tidak teliti dalam masalah ini,” ujar Dany.

Ia menjelaskan, seketika kampus diliburkan karena demonstran mulai mendekati pagar Universitas. Para pelajar asing seperti pelajar Indonesia, Malaysia, Thailand, dan lainnya dipersilahkan meninggalkan kampus demi alasan keamanan. Demo berlangsung Damai dan tanpa anarkis, hanya saja lalu lintas terhambat. Banyak para pelajar asing yang terpaksa pulang berjalan kaki menempuh jarak satu hingga dua Kilometer.

Pada Selasa kemarin, jalan menuju ke asrama pelajar di Hayyu Sadist dan Kampus Al-Azhar di Madinah Nasr ditutup oleh sekumpulan pelajar yang memblokir lalu lintas di jalan utama  menuju  Madinah Nasr. Aksi itu dilakukan untuk mendesak dilakukanya pemecatan pihak-pihak yang disebutkan.

“Tuntutan  mereka, hari ini terealisasi, dimana Rektor Al-Azhar Usamah El-Abd dan ketiga pembantu Rektor resmi dipecat dari jabatanya. Sebagai penggantinya, Grand Sheikh Al-Azhar Ahmad Thoyyib akan melakukan Musyawarah selama beberapa hari kedepan,” tambah Dany. (L/K11/P03/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply