TAK ADA KEMAJUAN DALAM PERTEMUAN ABBAS-KERRY

Bethlehem, 12 Jumadil Akhir 1434/22 April 2013 (MINA) – Pertemuan antara Presiden Palestina, Mahmoud Abbas dan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry di Turki pada Ahad (21/4) gagal membuat kemajuan dalam solusi permasalahan Palestina untuk memulai kembali perundingan dengan Israel.

“Pertemuan Istanbul tidak mengatasi masalah Palestina mengenai penghentian kegiatan permukiman ilegal dan pembebasan tahanan sebelum pembicaraan damai yang memungkinkan,” kata Nabil Maarouf, Duta Besar Paletina untuk Turki seperti dikutip kantor berita Ma’an yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA), Senin (22/4).

“Namun, John Kerry berjanji untuk membantu pembangunan ekonomi dan investasi di Tepi Barat,” ujarnya.

Maarouf menyatakan, Kerry juga menetapkan batas waktu untuk pembicaraan damai, mendorong kedua belah pihak untuk melanjutkan perundingan pada akhir Mei mendatang.

“Pertemuan dengan pejabat AS mendatang akan menentukan langkah Abbas berikutnya dalam hal negosiasi,” tegas Maarouf.

Dia juga mengatakan, Abbas dan Kerry tidak membahas rencana kunjungan PM Turki,  Recep Tayyip Erdogan ke Gaza. Namun, Abbas sebelumnya telah menghubungi para pejabat Turki untuk meminta mereka menunda kunjungan.

Sementara itu, Hamas mengecam John Kerry untuk mendesak Erdogan menunda kunjungan ke wilayah pesisir Palestina itu. pada Ahad kemarin, Kerry mengatakan kepada wartawan, Dia telah meminta PM Turki untuk menunggu kondisi yang tepat sebelum pergi untuk berkunjung ke Gaza bulan depan. (T/P06/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply